Oknum Warga Diduga Tanpa Izin Buka Jalan di TKD. Lurah Pasar Bawah Terperanjat

Merangin | fokusinfo.com : Tanah Kas Desa (TKD) milik Kelurahan Pasar Bawah Bangko yang terletak di kelurahan Pasar Atas tepatnya di belakang lingkungan ‘kuburan cino’ terpantau saat ini telah di’rambah’ oknum warga dengan tindakan pembukaan jalan. Ironisnya perlakuan oknum warga tersebut diduga tanpa mengantongi izin dari pihak kelurahan pasar bawah Bangko.

 Lurah Pasar Bawah Bangko Khaidir Ramli dikonfirmasi mengaku terkejut kala mendengar informasi tersebut dari laporan masyarakat. Meski tidak mengetahui persis batas TKD namun dia mengklaim di wilayah itulah TKD Kelurahan Pasar Bawah terletak dan didalamnya terdapat pohon-pohon karet produktif dan merupakan aset pemerintah kabupaten Merangin.

 ‘’Beberapa waktu yang lalu memang ada dua orang warga yang menginformasikan kepada saya bahwa TKD Kelurahan Pasar Bawah yang terletak di belakang Kuburan Cino telah dilakukan pembukaan jalan. Kala itu saya terkejut karena tidak ada pihak yang datang kepada saya untuk melakukan permintaan izin. Sementara itu kan aset daerah dan apapun yang masyarakat lakukan kepada aset itu harus ada izinnya,” kata Lurah.

 ‘’Kalaupun sudah dibuka, jelas itu sudah melanggar hukum. Apalagi didalamnya terdapat pohon karet produktif yang merupakan bagian pendapatan kelurahan. Terkait permasalahan ini kita akan cek dulu ke lokasi, setelah itu yang bersangkutan akan kita surati agar segera klarifikasi apa alasannya melakukan tindakan tersebut,” tutup Lurah.

 Sementara itu, seorang pensiunan pegawai kantor Kelurahan Pasar Bawah Bangko membenarkan lahan yang menjadi polemik tersebut merupakan bagian dari TKD Kelurahan Pasar Bawah Bangko yang diserahkan pemerintah untuk dikelola pada tahun 1980an.

 ‘’Tadi saya juga dipanggil Pak Lurah terkait persoalan ini dan saya jawab betul tanah yang berada di samping pesantren belakang kuburan cino itu adalah TKD Pasar Bawah. Kebetulan saya cukup lama bertugas di kelurahan Pasar Bawah dan saat ini sudah pensiun, jadi sedikit banyak saya tahu status tanah itu,” kesaksian wanita yang akrab disapa Ayuk Tin itu. (*)


Reporter : GondoIrawan

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com