H Al Haris: Waspadai Beredarnya Permen Narkoba


• Guru dan Orang Tua Diminta Awasi Jajanan Anak

Fokusinfo.com | Merangin : Bupati Merangin H Al Haris minta kepada para guru dan orang tua, untuk mengawasi jajanan anak-anaknya. Hal ini terkait maraknya beredar jajanan permen narkoba di sejumlah daerah dalam Tanah Air.
‘’Tolong para guru dan orang tua, awasi betul jajanan anak-anak kita, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah. Bahaya narkoba sekarang sudah menyerang ke anak-anak, lewat jajanan mengandung narkoba,’’pinta Bupati kemarin (8/3).
Bagi guru lanjut bupati, harus mengontrol jajanan apa saja yang dijual di kantin sekolah. Selain itu keberdaan pedagang keliling yang mangkal di luar pagar sekolah sangat perlu terus dipantau, karena rawan munculnya peredaran permen narkoba.
Kepada orang tua diminta untuk tidak berlebihan memberi uang jajan anaknya. Orang tua harus memantau jajanan apa yang dibeli anak di lingkungan rumah dan tempat-tempat les anak.
Baru-baru ini jelas bupati, telah ditemukan  permen dengan bentuk menyerupai botol dot terindikasi narkoba di Surabaya. Permen bernama prodik permen keras tersebut, memiliki izin edar ML 224409003077.
Izin edar permen itu, makanan luar negeri yang diproduksi Xiamen Yang Wan Foodstuff, China. Permen ini memiliki merek Penguin Brand dengan warna hijau, yang akhir-akhir ini sangat disukai anak-anak.
Selain itu jelas bupati, perlu diwaspadai juga permen jenis lallipop warna-warni, harganya murah berkisar antara Rp 1.000,- sampai Rp 3.000,- persatuannya dan ermen berbentuk gagang berkemasan Cannabis, diduga mengadung sabu-sabu.
Permen karet hasil olahan ekstasi yang dikemas dengan bungkus kartun lucu, strawberry meth atau strawberry quick merupakan narkoba kristal berbentuk bulat mirip permen pop rock rasa strawberry.
‘’Saya sudah intruksikan Dinas Perindag Merangin dan Dinas Kesehatan bersama tim untuk turun ke pasar dan sekolah-sekolah, melakukan sidak terhadap peredaran jajanan anak-anak yang mengandung narkoba,’’terang Bupati.
Sementara itu dr Syahrial kepala Puskesmas Bangko, memberikan tips bagaimana cara membedakan narkoba dalam permen dengan permen biasa. Bagi orang awam memang akan sangat sulit untuk membedakannya.
‘’Ciri-ciri bisa dikenali dari perubahan perilaku anak,’’ujar dr Syahrial. Perubahan perilaku anak ini akan mengubah anak yang tadinya periang menjadi pendiam. Bahkan pada saat yang parah, kebutuhan uang jajan anak semakin mengingkat.
Kadis Perindag Merangin Junaidi saat dikonfirmasi terkait rawan beredarnya permen mengandung narkoba di Merangin, mengaku dalam waktu dekat bersama tim, akan segera turun ke pasar dan sekolah-sekolah.
‘’Nanti Perindag Merangin akan turun ke pasar dan sekolah-sekolah tidak sendirian, tapi bersama tim dari Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya. Mengingat di Merangin belum ada Balai POM, sampel akan kita kirim ke Jambi,’’terang Junaidi.(advertorial)

Share:

Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com