Kawan Karib Al Haris Siap Mengabdi ‘Kuadrat’ Untuk Jambi


Merangin | fokusinfo.com : Saipan Amruansyah, SE lahir di Kampung Baruh pada 1972. Berasal dari keluarga sederhana namun karakter pergaulannya yang mudah menyesuaikan diri membuat Saipan cukup terkenal di tengah masyarakat Merangin, Tabir khususnya.

Saipan termasuk insan yang telah dididik mandiri sejak kecil oleh orang tuanya. Hasil didikan tersebutlah memperkuat pondasi kehidupan Saipan yang saat ini bisa dikatakan tahan banting, ulet, bersahaja, kreatif, serta kerap menjadi tujuan mencari solusi persoalan bagi sebagian masyarakat.

Soal pendidikan, Saipan bukanlah seorang yang dikategorikan menjadi pengejar titel. Dia menempuh dunia pendidikan formal SD,MTS dan SMA di kota Bangko. Selebihnya Saipan menimba ilmu sosial ditengah masyarakat.

‘’Ilmu nyata itu ada ditengah masyarakat. Karena walaupun menyandang berbagai gelar pendidikan formal, kedepannya tentu akan kembali ke tengah masyarakat,” ungkap Saipan.

Atas kepiawaiannya bersosialisasi ditengah masyarakat itulah beberapa posisi strategis di bidang pemerintahan, politik, kebudayaan, pendidikan maupun organisasi pernah dijabat oleh Saipan.

Diantaranya adalah Sekretaris Lembaga Adat 60 Sagalo Batin, Mantan Sekjen DPD Golkar Sarko, Aktifis Pejuang Tabir Raya, Guru SD 223 Selama 7 tahun, Guru SMP Ulak makam selama 6 Tahun, tenaga honor kantor Camat Tabir Ilir. Wakil Sarko Pusat Aktivis Pramuka Duta Nasional, Cibubur1986.

Tidak hanya itu, Saipan juga pernah menjabat sebagai Sekdes Desa Ulak Makam, KaurPem. Wakil ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Wakil TimTabir Raya. Humas Kordapil Hamas.Th 2014. Wasit.C2PsSI jbi. Sementara itu kinerja yang telah ditunjukkan adalah Deklarator pemekaran awal 2 kecamatan jadi 8 Kecamatan. Pencetus Jalan Pintas Ulak makam,Kota Raja.

Karena jiwa sosial yang merekat pada dirinya terlalu erat, Saipan kembali mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Provinsi Jambi Dapil Merangin - Sarolangun. Dari partai PKP dengan nomor urut 2.

‘’InsyaAllah bila masyarakat berkena memberikan dukungan kepada saya untuk memajukan Merangin ini melalui jalan DPRD Provinsi Jambi. Bila itu tercapai dan dengan izin Allah saya akan arahkan pembangunan lebih optimal ke Tabir ini, tujuannya tentu mensejahterakan masyarakat,” ungkap Saipan.

‘Bergerak, Berjuang Bersama Rakyat.Gepuk dak buang Lemak, cedik dak buang Kanti. Rame ring Gawe Sepi eing Pamrih.’ adalah moto Saipan. ‘Iklas berdasarkan dan bekerja di tengah rakyat, dan selalu merakyat’ adalah pegangannya.

Diinformasikannya, pada 2014 lalu dirinya pernah juga turut serta meramaikan ajang Pileg. Kala itu dirinya berada dibawah bendera Partai Demokrat. Jumlah suara yang didapatkannya cukup besar.

‘’Dulu waktu mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Merangin, jumlah suara yang saya dapatkan relatif banyak. Saya urutan dua setelah Pak Puk (As’ari El Wakas),” kata Saipan.
Saat ini Saipan Amruansyah bertempat tinggal di Kuamang kuning unit XI. Sebelumnya Saipan pernah bertempat tinggal di Lorong Pinang Sebatang kelurahan Pasar Atas Bangko, tahun 1997 pindah ke Rantau Panjang.

Selama masa hidup di Bangko itulah Saipan berteman karib dengan Al Haris yang saat ini menjadi Bupati Merangin. keakraban mereka terus terjalin hingga sekarang. Saipan beranggapan hubungan DPRD dengan Pemerintah harus harmonis. Maka tidak menutup kemungkinan hubungan emosional silaturahmi yang terjaga antara dirinya dan Al Haris bisa membuahkan pembangunan yang manis untuk masyarakat Tabir khususnya, Merangin dan Sarolangun umumnya. (*)

Reporter : GondoIrawan
Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com