Dinkes Genjot Akreditasi Puskesmas di Kerinci



Kerinci | Fokusinfo.com : Sesuai Amanah dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), semua puskesmas harus terakreditasi pada tahun 2019. Peraturan itulah yang membuat Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci terus menggenjot pengakreditasian terhadap seluruh puskesmas yang ada diwilayah Kerinci.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci H Hamsal Rabit, SKM MM melalui Kabid Yankes dan SPK Yuldi Candra, SKM mengatakan sebenarnya bagi masyarakat awam tidak mempedulikan status akreditasi melainkan masyarakat berharap adanya Penanganan yang cepat, layanan yang ramah dan tindakan yang aman serta bertanggungjawab.

‘’Nah sebenarnya itulah inti akreditasi itu seperti Penanganan yang cepat, layanan yang ramah dan tindakan yang aman serta bertanggungjawab. Jadi jika puskesmas telah melaksanakan hal tersebut maka puskesmas itu telah berstatus akreditasi,” kata Yuldi Candra.

Dijelaskan Yuldi, jumlah puskesmas yang ada di Kerinci sebanyak 21 unit. Pada 2016 ada 4 puskesmas mendapatkan status Akreditasi yaitu Puskesmas Semerap Akreditasi Madya, Puskesmas Karang tuo, Puskesmas Siulak gedang dan Puskesmas Pelompek akreditasi dasar.

Sementara pada 2017 ada 7 puskesmas yang terakreditasi yaitu Puskesmas Kemantan, Puskesmas Hiang, Puskesmas Semurup, Puskesmas Lempur, Puskesmas Jujun, Puskesmas Lolo terakreditasi dasar dan Puskesmas Siulak Deras Terakreditasi Madya.

Pada 2018 juga ada penambahan 7 puskesmas yang terakreditasi yaitu Puskesmas Labea, Puskesmas Siulak Mukai, Puskesmas Depati VII, Puskesmas Sungai Tutung, Puskesmas Sanggaran Agung, Puskesmas Tarutung dan Puskesmas Tamiai.

‘’Tahun ini direncanakan survei kembali oleh Komisi Akreditasi dari FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ) Kemenkes RI. Prosesnya dilaksanakan pada Agustus hingga November 2018,” ungkap Yuldi.

‘’Yang disurvei itu ada tiga yaitu Puskesmas Bukit kerman, Puskesmas Simpang tutup dan Puskesmas Muara Hemat. Semoga saja tiga puskesmas tersebut mendapatkan akreditasi pada 2019 mendatang, Amin,” harap Yuldi (*)

Reporter : TomiHaryanto
Redaktur : DedeRiskadinata



Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com