Sekdes Sumber Agung Menyaksi, Kabid Disnakbun Menjelas| Melacak ‘Jejak’ Satu Tronton Sapi Program SMD


Margo Tabir | fokusinfo.com :
Desa Sumber Agung Kecamatan Margo Tabir disebut sebagai satu-satunya desa penerima program SMD (Sarjana Membangun Desa) bidang peternakan pada tahun 2013 untuk Kabupaten Merangin. Lalu bagaimana kelanjutan program tersebut ?

Baca juga : ‘Jejak’ SapiProgram SMD Mulai Tersingkap | Melacak ‘Jejak’ Satu Tronton Sapi Program SMD

Yahman Sekdes Sumber Agung dikonfirmasi di kantornya membenarkan pada tahun 2013 desa itu menerima bantuan sapi yang dikelola oleh SMD. ‘’Memang dulu itu banyak sapi dikelola oleh kelompok tani dan SMD. Tapi sekarang saya tidak tahu lagi bagaimana perkembangannya, karena tidak ada laporan ke desa,” kata Yahman.

Ditempat terpisah, Agus Salim Kabid Peternakan di Dinas Peternakan dan Perkebunan Kab Merangin menjelaskan secara umum alur laporan pertanggung jawaban program SMD.

‘’Kalau dibilang ada program SMD tentang kelompok tani sapi ya kita tahu, bahkan ada beberapa desa di Merangin yang juga dapat program sapi bahkan ada kerbau,” awal kata Agus Salim.

‘’Karena itu adalah program pusat maka tidak ada laporan ke kita. Pertanggung jawabannya langsung ke pusat. Tapi setahu saya pertanggung jawaban program itu cukup rumit. Harus ada berita acara tertulis bila sapi yang dikelola mengidap sakit, hilang ataupun mati. Bahkan bila sapi mati maka harus dilakukan bedah bangkai guna mengetahui penyebabnya. Jadi tiap laporan itu disertakan bukti-bukti valid,” terangnya.

Sementara itu Desrinawarni anggota BPD kampung VI Desa Sumber Agung yang kala itu adalah SMD, hingga berita ini dipublikasikan belum bisa dikonfirmasi guna klarifikasi.(*)


Reporter : GondoIrawan
Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com