Melacak ‘Jejak’ Satu Tronton Sapi Program SMD Di Desa Sumber Agung


Margo Tabir :
Desa Sumber Agung Kecamatan Margo Tabir disebut sebagai satu-satunya desa penerima program SMD (Sarjana Membangun Desa) bidang peternakan pada tahun 2013. Program SMD itu sendiri adalah upaya untuk meningkatkan kelompok tani penternakan agar bisa mengembangkan kemampuan usaha berkelompok dengan menempatkan sarjana / lulusan perguruan tinggi bidang ilmu peternakan sebagai manajer dan pendamping  serta ikut berusaha bersama kelompok tani.

Informasi yang didapat, kala itu lebih dari Rp.300 juta dana dari pusat digelontorkan untuk proyek pengadaan sapi. Namun saat ini, keberadaan sapi-sapi program SMD itu menyisa misteri.

‘’Saya dulu menyaksikan satu tronton sapi diturunkan, jumlah pastinya saya tidak tahu. Kala itu saya tanya sapi mereka beli dari mana, mereka jawab sapi itu dari Lampung untuk program SMD. Tapi sekarang ini saya tidak tahu dimana sapi-sapi itu,” kata Seorang warga kepada media ini.

‘’Kalau memang program itu berjalan dengan baik, tentu lah jumlahnya saat ini akan semakin banyak,” tambahnya.

Penelusuran media ini mengarah ke satu kandang  sapi yang kondisinya seperti tidak terurus dengan baik. Dalam dialog bersama sejumlah masyarakat desa, mereka klaim bahwa sapi yang berada di dalam kandang itu bukanlah milik program SMD melainkan milik warga itu sendiri.

‘’Itu sapi kami Pak, bukan sapi nya kelompok tani (program SMD, red),” tutupnya. (*)

Reporter : GondoIrawan
Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com