Pihak BPN Sebut Dokumen Warga Mampun Baru, Belum Lengkap | 12 Tahun Ngurus Sertifikat

Merangin | fokusinfo.com : Puluhan warga Desa Mampun Baru (B5) Kecamatan Pamenang Barat mengeluh, sertifikat tanah Restan (biasa disebut tanah R) yang mereka idam-idamkan sejak melakukan pengurusan pada 2009 hingga saat ini belum juga terbit.

Baca Juga : 12 Tahun Ngurus Sertifikat Belum Juga Terbit, Dialami Warga Mampun Baru

Seorang pegawai senior di kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) Merangin yang disebut-sebut bernama Mutarom, melalui sambungan telpon menjelaskan duduk persoalan kasus tersebut.

‘’Setahu saya dulu itu ada yang selesai dan ada juga belum, lalu sisanya (yang belum selesai) mengajukan kembali kepada BPN agar mereka bisa mendapatkan sertifikat. Setelah kami teliti rupanya ada dokumen yang belum lengkap, dan bisa dibilang hingga saat ini dokumen yang dibutuhkan itu belum kami terima,” terang Mutarom.

Mutarom menjelaskan, dokumen yang dimaksud adalah SK asli dari Bupati Merangin, menurutnya dokumen itu sangat penting sebagai dasar penerbitan sertifikat.

‘’Jadi berkas atau dokumen yang diserahkan kepada kami kala itu adalah foto copy SK Bupati tanpa ada lampiran daftar nama penerima. Sebenarnya SK Bupati yang foto copy itu bisa saja kami terima tapi harus dilegalisir terlebih dahulu, ibaratnya seperti ijazah lah, harus ada legalisir dari pihak terkait dalam hal ini dari Bagian Pemerintahan,” tuturnya.

‘’Yang pegang SK asli itu kemungkinan pengurus lama dulu. Jadi terus terang kita di BPN tidak berani proses sebelum adanya SK yang asli atau yang telah dilegalisir. Dan sebenarnya kita telah melaksanakan pengecekan ke lokasi, hanya SK Bupati itu saja lagi kendalanya,” tambah Mutarom.

Sementara itu terkait isu pihak pengurus telah menyetorkan uang kepada pihak BPN dengan nominal puluhan juta, Mutarom mengaku tidak tahu. (TimInvestigasi)

Redaktur : TopanBohemian

Share:

Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com