Impikan Pasar yang Tertib, Pemdes Pinang Merah Bidik DAK

Pamenang Barat | fokusinfo.com : Keadaan pasar Desa Pinang Merah (B1) Kecamatan Pamenang Barat saat ini belum terlalu tertib. Pantauan media ini dilokasi khususnya pada ‘hari pasar’ masih banyak terlihat para pedagang yang berjualan di pelataran pertokoan bahkan hingga ke bibir jalan sehingga kerap menimbulkan kemacetan.

Menyadari itu, Pemdes (Pemerintah Desa) Pinang Merah berniat akan melakukan penertiban. Tapi jangan salah sangka, penertiban yang dimaksud bukanlah menggusur melainkan penataan pasar dan upaya untuk membangun sejumlah fasilitas umum lainnya dengan harapan terciptanya suasana pasar yang tertib sehingga proses jual beli berlangsung nyaman baik bagi penjual, pedagang maupun pengguna jalan.

Salah satu langkah untuk mewujudkan impian itu adalah upaya mendapatkan bantuan pusat yaitu DAK (Dana Alokasi Khusus). Pemdes Pinang Merah telah menyampaikan proposal kepada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Merangin pada Januari 2021 lalu.

‘’Proposal telah kami ajukan melalui Dinas Koperindag (Sebutan umum DKUKMPP, red). Saat ini kita tengah melakukan tahap pelengkapan proposal,” ujar Arsadi, Kades Pinang Merah, Selasa 9 Maret 2021.

Demi terciptanya transparansi program, Pemdes Pinang Merah telah pula melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat melalui sejumlah unsur pemerintahan desa dan organisasi di desa tersebut seperti Karang Taruna, PKK, perangkat desa hingga BPD.

‘’Sosialisasi terhadap tindak lanjut proposal telah kami gelar pada Selasa 9 Maret 2021 di kantor pasar desa. Semua pihak yang diundang datang. Disana kami jelaskan tujuan proposal tersebut. Kami juga mengundang pihak desa Tambang Emas sebagai referensi karena mereka telah duluan mendapatkan DAK tersebut, dan kami juga mengundang konsultan untuk menyampaikan tata kelola pasar yang memenuhi standar nasional. Dan Alhamdulillah semua yang hadir pada kegiatan sosialisasi itu setuju,” terang Arsadi.

Arsadi juga menjelaskan, dalam tahap pelengkapan proposal pihaknya akan membuat desain dan RAB usulan yang disusun oleh tim pembantu perencanaan desa.

‘’Setelah lengkap kelak maka akan disampaikan lagi ke Koperindag, setelah itu kami akan mengikuti arahan mereka. Dan bila usulan itu dikabulkan maka proses pembangunan akan dimulai tahun depan,” sambung Arsadi.

Masih bersama Arsadi, pembangunan yang diharapkan dalam usulan tersebut adalah sanitasi yang didalamnya seperti drainase, pengerasan jalan, pengerasan pelataran, tempat pembuangan sampah hingga pembangunan los pasar dan pujasera (pusat jajanan serba ada).

‘’Bila terbangun sesuai rencana dibarengi dengan acuan Perdes, maka otomatis PADes juga akan meningkat dari sebelumnya,” tutup Arsadi, yang belakangan diinformasikan akan menyelesaikan jabataannya pada pertengahan tahun depan, namun tetap konsisten membuat perencanaan yang inovatif demi kemajuan Desa Pinang Merah. (*)

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com