Pesona Air Terjun Patetah Desa Karang Anyar, Pikat Wisatawan

Merangin | fokusinfo.com : Satu lagi objek wisata yang bisa dinikmati oleh masyarakat yaitu Air Terjun Patetah, terletak di Desa Karang Anyar Kecamatan Pamenang Barat Kabupaten Merangin.

Kepala Desa Karang Anyar, H Ahmad Turip mengatakan sejak dibuka telah banyak para wisatawan yang mengunjungi objek wisata tersebut. Hal itu terjadi karena objek wisata itu memiliki pesona tersendiri yang bisa dinikmati oleh para pengagum keindahan alam. ‘’Sejak mulai dibuka sampai sekarang kunjungan wisatawan cukup ramai. Yang paling banyak pengunjungnya adalah wisatawan seputaran Pamenang ini. Tapi ada juga terdata para wisatawan dari Tabir, Margoyoso dan Sarolangun,” kata Kades.

Kades itu mengakui saat ini kondisi infrastruktur Air terjun Patetah belum optimal diberdayakan. Maka dari itu kedepannya Pemdes Karang Anyar akan serius memfokuskan perhatian untuk peningkatan prasarana di objek wisata itu. Dia juga berharap objek wisata itu mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat serta menjadi sumber PAD bagi desa Karang Anyar.

‘’Infrastruktur di lokasi Air Terjun ini akan kita prioritaskan pembangunannya. Baik itu fasilitas umum yang berkaitan dengan estetika, keamanan, kenyamanan agar para wisatawan yang datang bisa lebih gembira menikmati pesona air terjun ini. Kami juga berharap objek wisata ini bisa menjadi sumber PAD bagi Desa,” tutur Ahmad Turip.

‘’Sebagai roda penggerak perekonomian masyarakat, telah kentara. Dapat dilihat disekitar lokasi sejumlah pedagang yang berasal dari masyarakat desa,” tambahnya.

Kades juga mengatakan untuk sementara objek wisata diserahkan kepengelolaannya kepada karang taruna. Seluruh dana yang masuk dipergunakan untuk pemeliharaan dan operasional Air Terjun tersebut menjelang dilaksanakannya pembangunan infrastruktur yang telah diwacanakan oleh Pemdes.

Sementara itu Camat Pamenang Barat, Daryanto mendukung penuh objek wisata Air Terjun Patetah Desa Karang Anyar bila dikembangkan menjadi destinasi wisata. Dia juga berpesan apabila Pemdes serius hendak mengembangkannya maka harus sungguh-sungguh agar hasil yang didapat lebih optimal.

‘’ Jarak lokasi dari jalan lintas simpang desa karang anyar dekat, kurang lebih 1 km. kondisi jalanya juga bagus bisa dilewati oleh kendaraan roda 2 dan 4. Itu merupakan salah satu alasan dasar pengembangan objek wisata ini. Para wisatawan tidak perlu menguras energi ekstra untuk sampai ke lokasi, sementara pesona alamnya tidak kalah dengan objek wisata lainnya,” kata camat.
 
‘’Kalau bisa jangan tangung-tanggung. Anggarkan saja diatas Rp.200 juta, saya dukung karena ini sangat potensial. Tapi perlu diingat seluruh persyaratan harus dipenuhi. Dimulai dari legalitas lokasinya. Jangan sampai terjadi polemik dikemudian hari,” tambah Camat.

Seorang pengunjung, dibincangi media ini menyatakan bahwa objek wisata Air Terjun Patetah Desa Karang Anyar itu memiliki karakteristik tersendiri untuk dinikmati.

‘’Saya sudah dua kali kesini, lokasinya asyik, jalannya bagus dan yang penting ada ciri khasnya yang susah dijelaskan dengan kata-kata. Kalau mau merasakannya ya mari rasakan sendiri disini. Kalau ingin mendapatkan hiburan ekstra baiknya ke Air Terjun ini pada hari minggu karena wisatawan juga akan disuguhkan hiburan musik organ tunggal,” kata Rohaya warga Bangko itu sembari menyembunyikan senyum manisnya.(*)

Reporter : GondoIrawan
Redaktur : TopanBohemian



Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com