TPK Desa Ulak Makam I Dituding Beli Bibit Sawit Murah

Merangin | fokusinfo.com : Guna memenuhi kebutuhan kebun TKD (Tanah Kas Desa) Pemerintah Desa Ulak Makam Kecamatan Tabir Ilir bersama masyarakat bermusyawarah dan melahirkan kesepakatan akan membeli 800 batang bibit sawit untuk ditanam pada TKD yang luasnya 6 hektar. Peristiwa itu terjadi pada 2018.

Sesuai kesepakatan, bibit sawit yang dimaksud memiliki kualitas unggul serta dilengkapi dengan sertifikat status bibit yang dikeluarkan oleh lembaga terkait. Sementara itu soal harga yang telah ditetapkan berdasarkan survei atau harga pasaran kala itu bibit bersertifikat (unggul) berharga Rp.45ribu perbatang ditambah upah tanam Rp.15ribu perbatangnya.

Persoalan muncul ketika seorang tokoh masyarakat Ulak Makam, Hasyim berkoar ke publik. Dirinya menuding pembelian bibit tidak sesuai dengan kesepakatan musyawarah yang dilaksanakan di balai desa pada tahun 2018 itu.

Hasyim menuding pembelian bibit sawit dibeli dari petani biasa yang beralamat di Desa Lembah Kuamang Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo dengan harga yang murah yaitu Rp.17,5ribu perbatang. Tidak hanya harga murah, menurut Hasyim jumlah bibit sawit yang dibeli hanya 500 batang.

‘’Saya punya datanya. Pengakuan penjual yang mengaku menjual bibit sawit dengan harga Rp.17500 sebanyak 500 batang. Ini berbeda dengan kesepakatan waktu musyawarah dulu,” ungkap Hasyim.

Sementara itu warga lainnya kepada tim investigasi fij mengatakan bibit yang dibeli kala itu banyak yang mati. ‘’Bukan hanya saya yang menyaksikan bibit itu mati. Ada banyak saksi lainnya yang melihat. Bahkan kami kala itu mengutus beberapa orang pergi ke penjual guna menanyakan status bibit yang dijual ke desa kami ini,” kata warga yang tidak ingin dipublikasikan identitasnya.

Dikonfirmasi, Kades Ulak Makam I, Hasan membantah harga pembelian bibit sawit senilai yang dituding. Menurutnya harga persis yang telah dikeluarkan desa adalah Rp.35ribu perbatang.

‘’Mana dapat harga bibit sawit Rp.17500. di kaki lima saja tidak ada harga segitu,” tutup Hasan. (*)

Reporter : GondoIrawan
Redaktur : TopanBohemian


Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com