Pembayaran PBB Masih Rendah

Dusun Baru Targetkan Pencapaian PBB
 
TABIR - Ke­sadaran warga yang tinggal di daerah pedesaan dalam membayar Pajak Bumi dan Ba­ngunan (PBB) masih tergolong rendah. Seperti di Kelurahan Dusun Baru misalnya masyarakat didaerah setempat belum sepenuhnya membayar PBB yang telah ditetapkan pemerintah. kemungkinan karena mereka belum memahami arti dan manfaat membayar PBB.
Terkait hal ini Lurah Dusun Baru Rahman mengatakan, pihaknya telah mensosialisasikan hal tersebut (PBB) kemasyarakat Desa melalui aparat desa hingga ke ketua RT masing-masing. Menurutnya, warga yang masih enggan membayar PBB tersebut pihaknya terus mengupayakan agar warga mau membayar PBB yang ditetapkan pemerintah satu  sekali dalam setahun tersebut.
“Ditahun 2016 kita menargetkan pembayaran lebih dari Rp.8 Juta dan harus lebih meningkat dari nominal tersebut. Apalagi pajak merupakan sumber penerimaan penting bagi pelaksanaan dan peningkatan pembangunan daerah. Oleh sebab itu, peran serta masyarakat da­lam membayar pajak sa­ngat diperlukan,”jelasnya.
 Dikatakannya, pembayaran PBB merupakan ke­wajiban setiap masyarakat yang meng­huni atau me­nem­pati suatu tanah dan bangunan. PBB dibayar setiap satu tahun sekali. Menurutnya, secara teknis, pembayaran PBB tergantung pada luas dan posisi keberadaan tanah sehingga pajak yang dikenakan pun berbeda-beda.
“Dasar hukum pembayaran PBB tertuang dalam KMK No. 523/KMK.04/1998 Tentang Penentuan Klasifi­kasi dan Besarnya Nilai Jual Objek Pajak Sebagai Dasar Pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan. Apalagi PBB yang ditetapkan pemerintah pertahun biayanya tidak mahal,” katanya.
“Kurangnya kesadaran warga dalam membayar PBB itu, tentu saja bisa menghambat pembangunan di desa ini dan dikecamatan khususnya,”tambahnya.
Ia menjelaskan Realisasi PBB masih sangat rendah. Menurutnya, realisasi PBB yang belum mencapai target ini akan menjadi catatan penting bagi Pemerintah kelurahan ini.
“Tentunya target PBB yang belum tercapai ini akan menjadi suatu catatan penting. Dan kita akan selalu mensosialisasi kepada warga terkait pentingnya membayar PBB sehingga pembangunan di Desa ini dapat meningkat,” pungkasnya.(yaz)
Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com