JPU Tuntut Terdakwa Pelanggar UUDrt No 12 Thn 1951 ‘Hanya’ 8 Bulan !



Merangin | fokuinfo.com : Kasus tindak pidana kepemilikan senjata api secara ilegal di Merangin sepertinya akan terus ada. Tidak akan jera para pelaku tersebut apabila ditangkap aparat penegak hukum. Apa sebab ?

 

Tindak pidana yang masuk dalam pelanggaran Undang Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 ternyata dipandang ringan oleh pihak Kejaksaan Negeri Merangin. Sebagai contoh adalah tuntutan jaksa penuntut umum terhadap terdakwa tindak Pidana Senjata Api bernama Bagus, warga Desa Meranti Kecamatan Renah Pamenang.

 

Gio valdo Diamanta, penuntut umum dalam kasus ini menguraikan bahwa terdakwa Bagus telah melanggar Pasal 1 Ayat (1) Undang Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951.

 

Pada sidang pembacaan tuntutan pada 03 Okt 2023, Gio juga menyatakan Bagus telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melanggar Pasal 1 Ayat (1) Undang Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951. Ironisnya tuntutan pidana yang disampaikan penuntut umum terhadap terdakwa hanya pidana penjara 8 bulan.

 

Barang bukti yang berhasil didapatkan dalam kasus ini juga tidak main main. Ada dua pucuk senjata api rakitan berbentuk revolver empat silinder, 3 butir amunisi kaliber 6 mm.

 

Sementara merujuk pada Undang Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 dapat dibaca pada Pasal 1 ayat (1) Barang siapa, yang tanpa hak memasukkan ke Indonesia membuat, menerima, mencoba memperoleh, menyerahkan atau mencoba menyerahkan, menguasai, membawa, mempunyai persediaan padanya atau mempunyai dalam miliknya, menyimpan, mengangkut, menyembunyikan, mempergunakan, atau mengeluarkan dari Indonesia sesuatu senjata api, amunisi atau sesuatu bahan peledak, dihukum dengan hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara sementara setinggi tingginya dua-puluh tahun. (TimRedaksi)

 

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com