Terkuak Dugaan Manipulasi Data Oleh Oknum Kades di Tabir Barat


fokusinfo.com | Merangin :
Isu publik tak sedap menimpa kepada PM, seorang yang menjabat sebagai Kepala Desa aktif sekaligus Kepala Desa terpilih di salah satu desa di Kecamatan Tabir Barat Kabupaten Merangin. Dia diduga telah melakukan manipulasi data dalam pencalonan Kepala Desa serentak tahun 2022.

Berdasarkan salinan berkas dokumen yang diterima redaksi fokusinfo.com dari seorang sumber informasi, analisis dugaan manipulasi data telah dilakukan oleh PM sejak 2016. Kala itu di Kabupaten Merangin juga digelar pemilihan Kepala Desa.

Dugaan kecurangan PM adalah memanipulasi data kelahiran. Yang mana dalam salinan berkas dokumen tersebut terdapat perbedaan tempat dan tanggal lahir PM.

Pada salinan berkas Ijazah SMP tertulis bahwa PM kelahiran Air Liki pada tanggal 15 Agustus 1992. Ijazah itu dikeluarkan ( diterbitkan,red)  di Merangin pada 23 Juni 2007

Pada salinan berkas Ijazah SMA tertulis bahwa PM kelahiran Air Liki pada tanggal 15 Agustus 1992. Ijazah itu dikeluarkan (diterbitkan) di Merangin pada 26 April 2010.

Sementara pada salinan berkas Ijazah salah satu Universitas, tertulis PM kelahiran Air Liki pada tanggal 15 Januari 1991. Ijazah itu dikeluarkan (diteritkan, red) di Muara Bungo pada 28 Agustus 2014

‘’Perbedaan Ijazah SMP, SMA dan Universitas Muara Bungo ada pada tanggal lahir sementara tempat kelahiran PM sama-sama di Air Liki. Ijazah SMP dan SMA beliau lahir pada Tanggal 15 Agustus 1992, tapi di Ijazah S1 nya tertulis beliau lahir pada 15 Januari 1991,” kata sumber informasi yang meminta namanya tidak dituliskan dalam pemberitaan kali ini.

Dalam lembar berkas lainnya seperti salinan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), KTP, hingga dokumen persyaratan pencalonan Kades, tertulis PM kelahiran Padang Pinang pada tanggal 15 Januari 1991. Sementara pada lembar salinan Buku Induk Kependudukan Kecamatan Tabir Barat, nama PM terselip dalam satu KK dengan kelahiran Padang Pinang tanggal 15 agustus 1992. Uniknya dalam kolom ‘hubungan keluarga’ antara PM dengan KK tersebut adalah ‘Famili Lain’. Tertulis juga status PM yang ‘belum kawin’.

Hingga berita ini dipublikasikan, media ini masih berupaya konfirmasi kepada PM untuk dapat mengklarifikasi data-data tersebut. (*)

Reporter : GondoIrawan

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com