Polemik PLTBg. Pemkab Dinilai Ulung Melobi, ‘Manggai’ Menjaga



Merangin | Fokusinfo.com : ‘Terbengkalai’nya proyek Bangunan Hibah barang milik negara untuk Pemerintah Kabupaten Merangin berupa PLTBg (Pembangkit Listrik Tenaga Biogas) Kapasitas 1 MW yang terletak di Desa Karang Anyar Kecamatan Pamenang Barat yang berbuntut pada temuan hilangnya sejumlah fasilitas yang ada disitu, disentil oleh Mirza, SH. Ketua LSM Sapurata.

Menurut Mirza, adanya temuan sejumlah komponen PLTBg yang hilang tak lepas dari kelalaian Pemkab Merangin.

‘’Kami akui Pak Bupati itu ulung melobi pusat. Namun yang disayangkan ketika bantuan diberikan tidak dijaga dengan baik sehingga peristiwa itu terjadi. Bahasa kami didusun itu ‘manggai menjago’,” kata Mirza.

Baca Juga : Sejumlah Komponen PLTBg Merangin, Hilang Klik Disini

Dikatakan Mirza, logikanya ketika proyek telah selesai dikerjakan dan juga berlokasi di Merangin, bijaksananya ada pihak keamanan yang ditempatkan di lokasi proyek untuk menjaga mengingat properti tersebut bernilai puluhan milyar.

‘’Semestinya ya dijaga dari awal. Walaupun informasi yang kami dapat proyek tersebut belum serah terima dari pusat kepada pemkab Merangin. Toh nanti PLTBg itu juga untuk masyarakat Merangin yang menikmatinya,” tutur Mirza.

Tidak hanya PLTBg, Mirza juga menyentil lemahnya Pemkab Merangin menjaga fasilitas umum yang didirikan di Merangin. Seperti kawasan Jam gento, Gedung Olah Raga di Jalur Kodim, Kawasan Taman Batu, hingga kawasan taman kota yang saat ini dibangun ruko.

‘’Sudah banyak dana yang dikucurkan untuk pembangunan Merangin baik bersumber dari APBD, APBN maupun hibah. Sayang jika tidak ada pemeliharaan yang baik,” tutup Mirza

Sementara itu, Bupati Merangin Al Haris dikonfirmasi terkait hilangnya sejumlah komponen PLTBg menjelaskan, secara sistimatis dan administrasi PLTBg belum serah terima kepada Pemkab Merangin sehingga pihaknya tidak bisa berbuat banyak.

‘’Aset itu masih milik kementrian. Dalam teori pemerintahan sepanjang saya belum tandatangan artinya itu masih dibawah pengawasan kementrian pusat. Jadi Pemkab tidak bisa berbuat banyak,” Kata Bupati. (*)

Reporter : TopanBohemian.

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com