Manfaat PAB Desa Nalo Gedang Dirasa Belum Optimal, Warga Mengeluh.


Nalo Tantan | fokusinfo.com :
Proyek Penyediaan Air Bersih (PAB) yang dibangun pada tahun 2021 di Desa Nalo Gedang Kecamatan Nalo Tantan dirasakan pemanfaatannya belum optimal oleh masyarakat.

Informasi yang media ini peroleh, proyek APBD yang menelan dana hampir 1 milyar itu sempat dilaporkan ke Dinas PUPR Kab Merangin oleh sejumlah tokoh masyarakat karena terdapat sejumlah keretakan pada dinding bangunan sehingga air yang terbendung merembes. Kala itu pihak PUPR telah menginstruksikan kontraktor untuk memperbaikinya.

Setelah dilakukan perbaikan, tidak terlihat lagi rembesan air. Persoalan baru yang timbul adalah masyarakat penerima manfaat air bersih tidak mendapatkan aliran air yang optimal dari bangunan proyek tersebut.

‘’Air yang mengalir ke rumah sangat kecil tekanannya, lama kami harus menampung air bila debit airnya kecil begitu,” kata seorang warga Desa Nalo Gedang.

‘’Bahkan ada juga rumah yang belum teraliri air padahal pipa sudah terpasang,” tambahnya.

Menurut warga lainnya, beberapa waktu yang lalu sejumlah masyarakat dan pegawai pemerintahan mendatangi lokasi bak penampungan utama guna cek kondisi. Diketahui debit air kecil ,yang tertampung di dalam bak, ketinggian permukaan air dari dasar bak hanya sekira 20 cm. Ketinggian itu hanya mampu menutupi setengah dari diameter pipa 4 inci yang terpasang di proyek PAB itu.

‘’Ada warga sini yang turut ikut sama pegawai pemkab, informasinya pegawai itu PPTK proyek tersebut. Nah temuan di lapangan airnya memang kecil jadi wajarlah kami dipermukiman ini mendapatkan aliran yang kecil juga,” tutup warga itu.

Sementara itu hingga berita ini dipublikasikan, media ini masih terus berupaya melakukan konfirmasi guna mendapatkan klarifikasi dari pihak kontraktor, konsultan perencana dan pengawasan, pihak PUPR serta pihak-pihak yang diduga berkaitan dengan proyek tersebut. (*)

Reporter : GondoIrawan

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com