Sidang 18 Terdakwa Kasus PETI. Fakta Persidangan Terkuak & Melebar

Merangin | fokusinfo.com : Dalam Persidangan 18 Terdakwa kasus PETI (Penambangan Emas Tanpa Izin) di pengadilan Negeri Merangin, Selasa 4 Februari 2020. Terkuak beberapa fakta persidangan mengisyaratkan menambah ‘pekerjaan rumah’ bagi para penegak hukum untuk mengembangkan kasus ini kepada oknum-oknum yang diduga terkait.

Sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dan terdakwa itu dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Bungaran sementara dari Kejaksaan Negeri Merangin dihadiri oleh Kasi Pidum Mhd Fajrin dan Jaksa Ari Pratama

Dalam penyampaian keterangan saksi dan terdakwa dimuka sidang, terkuaklah fakta persidangan bahwa Syamsul Huda adalah pemilik modal dan Ferdiansyah selaku pemilik lahan, sementara yang lainnya adalah pekerja tambang.

Nama Suparno juga kerap disebut-sebut oleh para saksi terdakwa dalam sidang itu. Suparno dituding berperan sebagai pemilik modal, sama seperti Syamsul Huda dengan pembagian 40 persen hasil. Ironisya Suparno tidak masuk dalam 18 orang yang ditangkap.

Hasil tambang berupa emas yang mereka dapatkan memiliki berat 30 gram. Emas tersebut kemudian dijual oleh Syamsul Huda dan Ferdiansyah kepada seseorang bernama Suhaibi. Tidak hanya itu, dalam persidangan juga terungkap bahwa tidak ada penyitaan alat-alat dompeng (alat untuk menambang emas)

‘’Tadi itu sidang agendanya mendengar keterangan saksi dan terdakwa. Maksudnya antara terdakwa satu dengan lainnya saling bersaksi,” ungkap Kasi Pidum M Fajrin.

‘’Yang jelas kita bersama tentu ingin persoalan ini segera dituntaskan. Kita harap kedepannya tidak ada lagi oknum-oknum yang bermain PETI. Agar alam Merangin ini kembali lestari,” tambahnya.

Fajrin juga menginformasikan bahwa sidang akan dilanjutkan pada selasa pekan depan dengan agenda pembacaan tuntutan. Sementara pasal yang akan dikenakan adalah pasal 158 UU nomor 4 tahun 2009 dengan ancaman 10 tahun. (*)

Reporter : Dede Riskadinata
Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com