Program PTSL Nalo Gedang. Panitia Urung Raup Untung Gara-Gara Perbup ?

Merangin | fokusinfo.com : Ratusan sertifikat yang terbit atas program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Desa Nalo Gedang diinformasikan belum diambil oleh masyarakat. Hal itu terjadi lantaran warga pemilik sertifikat keberatan dengan jumlah dana untuk biaya mengambilnya.

Baca Juga : Program PTSL Nalo Gedang. Dikira Gratis, Sertifikat Terbit Warga Tak Ambil

Ketua Panitia PTSL Desa Nalo Gedang, M Irwan Soni mengaku pihaknya membebankan biaya kepada peserta PTSL. Namun dirinya membantah nominal biaya mencapai Rp.1 juta.

‘’Memang ada biaya untuk administrasi. Jumlahnya hanya Rp.200 ribu persertifikat. Baik itu lokasi pekarangan, perkebunan bahkan untuk warga luar desa yang ikut program PTSL biayanya sama Rp.200 ribu,” jawab Irwan Soni, melalui handphone.

Irwan Soni juga mengakui awalnya memang dalam kesepakatan musyawarah telah ditetapkan biaya bervariasi antara Rp.200 ribu hingga Rp.1 juta persertifikat. Namun dalam perjalanannya terbit Perbup, akhirnya kesepakatan musyawarah panitia itu dibatalkan.

‘’Mulanya memang ada penetapan biaya sebesar itu karena setelah kami uraikan dibutuhkanlah biaya yang tidak sedikit. Namun karena terbit Perbup akhirnya kesepakatan hasil musyawarah itu tidak kami realisasikan,” tutur Irwan tanpa menjelaskan Perbup apa maupun nomor berapa yang dimaksud.

Angka Rp.200 ribu yang dipaparkan Irwan Soni ternyata tidak sama dengan pernyataan BPD Nalo Gedang, Khairul Anwar.

Dihubungi melalui nomor pribadi handphone nya, Khairul Anwar menyatakan biaya yang dikenakan kepada peserta BTSL sebesar Rp.250 ribu.

‘’Banyak pengeluaran dalam program PTSL itu. Setelah kami hitung-hitung maka timbul dana Rp.250 ribu. Kegunaannya macam-macam, mula dari administrasi dan alat tulis, perlengkapan permohonan, map, foto copy dan lainnya,” kata Khairul Anwar. (*)

Reporter : DedeRiskadinata
Redaktur : TopanBohemian

Share:

Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com