Jaksa Tuntut Dua Terdakwa Pelaku PETI 8 Tahun Penjara. Suparno & Suhaimi Diduga Belum Tertangkap

Merangin | Fokusinfo.com : Keseriusan pihak Kejaksaan Negeri Merangin turut berperan memberantas PETI (Penambangan Emas Tanpa Izin) tercermin dalam sidang pembacaan tuntutan terhadap 18 terdakwa kasus PETI, selasa 11 Februari 2020 di Pengadilan Negeri Merangin.

Mengacu pada pasal 158 UU Nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara, pihak kejaksaan menuntut dua orang terdakwa bernama  Syamsul Huda sebagai pemilik modal dan Ferdiansyah sebagai pemilik lahan. Kedua terdakwa itu dituntut 8 tahun penjara subsider 6 bulan atau denda Rp.500 juta. Sementara itu, 16 orang terdakwa lainnya dituntut 4 tahun penjara subsider 6 bulan atau denda Rp.500 juta.

‘’Walaupun tuntutan mengacu pada UU Nomor 4 tahun 2009 pasal 158 yang berbunyi tuntutan 10 tahun penjara, namun karena berbagai pertimbangan kami menuntut sedikit dibawah itu. Dua orang dituntut 8 tahun dan 16 orang dituntut 4 tahun sesuai dengan peran,” ungkap kasi Pidum Kejari Merangin M Fajrin.

Menurut Fajrin, dengan tuntutan itu diharapkan para pelaku PETI yang masih aktif beroperasi sesegera mungkin menghentikan aktivitasnya karena dapat dipastikan tindakan tersebut akan merusak alam.

‘’Ini bentuk keseriusan kita sebagai penuntut. Dengan begitu kami harap para pelaku PETI lainnya akan berfikir dua kali melanjutkan aktivitas mereka,” tuturnya

‘’Tunjukkanlah sikap peduli alam Merangin ini, jangan merusak, ingat anak cucu kita kelak,” tambahnya.

Baca Juga : Sidang 18 Terdakwa Kasus PETI | KBO Reskrim : ‘Suparno & Suhaimi Berstatus DPO’

Sementara itu sebelumnya KBO Reskrim Polres Merangin Ipda Rezi Darwis menyatakan dua orang yang namanya kerap disebut dalam persidangan yaitu Suparno dan Suhaimi berstatus DPO.

Sidang dilanjutkan selasa pekan depan dengan agenda pembacaan pembelaan oleh terdakwa. (*)

Reporter : Dede Riskadinata
Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com