3 Sekwan Patungan Kembalikan Kerugian Negara, Bukti Adanya Tindak Pidana ?

Merangin | fokusinfo.com : Tiga orang sekwan (sekretaris dewan) DPRD Merangin diduga melakukan patungan sejumlah uang guna mengembalikan kerugian negara. Tiga sekwan yang dimaksud adalah dua orang mantan sekwan yaitu Nasution dan Junaidi sementara satu orang sekwan definitif saat ini, Fauziah. 

Baca Juga : Terungkap, Dugaan 3 Sekwan ‘Patungan’ Kembalikan Kerugian Negara.

Seorang mantan Napi Kasus korupsi di Merangin yang enggan dituliskan namanya menceritakan pengalamannya kala dirinya terkena kasus korupsi yang mengakibatkan dirinya berserta rekan-rekannya mendekam di penjara. Dikatakan mantan napi, saat itu rekannya telah melakukan pengembalian kerugian negara namun tidak menghapus tindak pidana yang direkatkan kepada mereka, kasus hukum jalan terus.

‘’Rekan saya mengembalikan kerugian negara berdasarkan temuan pemeriksaan. Saya tidak mengembalikan karena tidak punya uang. Nyatanya kami tetap dipenjara, bedanya hanya durasi hukuman. Rekan saya itu lebih dulu keluar menghirup udara kebebasan, sementara saya waktu itu belum,” ungkap mantan napi itu.

Pengalaman mantan napi kasus korupsi itu ditanggap serius oleh seorang pegawai inspektorat Merangin dalam diskusi ringan bersama tim investigasi fokusinfo.com. Mewanti-wanti namanya tidak dipublikasikan, pegawai inspektorat itu melihat tindakan pengembalian kerugian negara yang dilakukan oleh tiga orang sekwan diduga sudah masuk dalam unsur tindak pidana korupsi. Dugaan itu terkait dan berdasarkan undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tipikor sebagaimana telah diubah oleh undang-undang nomor 20 tahun 2001.

Sementara itu inspektur inspektorat Merangin, Hatam Tafsir dikonfirmasi tersirat menutupi kasus tersebut. Pria humoris itu berharap persoalan tersebut lekas selesai. ‘’kamu kok banyak tanya, jadilah yang kasus perdata saja diungkap, pidana jangan,” kata Hatam Tafsir sambil tertawa canda.(TimInvestigasi)

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com