Via UCA, DPD KAI Jambi Siap Lahirkan Advokat Profesional Yang Berintegritas Handal



Jambi | fokusinfo.com : Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Jambi menggelar Ujian Calon Advokat (UCA) bertempat di Aula kampus Universitas Batanghari, Jambi pada Sabtu 25 Februari 2023. Pantauan media ini peserta tampak semangat mengikuti ujian yang berlangsung lebih kurang 4 jam itu.


Ketua panitia UCA, Tengku Ardiansyah. SH.MH mengatakan ada 38 orang peserta yang mengikuti ujian gelombang pertama tahun 2023 ini dengan pengawasan yang ketat. Hal itu guna memfilter agar melahirkan advokat yang profesional dan berintegritas handal.


Baca juga : DPD KAI Jambi Gelar UCA ke-10.Kesempatan para SH Berprofesi Sebagai Pengacara Kian Terbuka


‘’Pelaksanaan UCA gelombang pertama tahun 2023 ini kita bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Batang Hari. Ada 38 orang yang telah memenuhi persyaratan dan berhak mengikuti UCA. Dan alhamdulillah tadi sudah terlaksana dengan baik,” kata Tengku pasca UCA digelar.


Tengku menjelaskan ada dua kategori soal yang diberikan yaitu pilihan ganda dan essai. Pilihan ganda berjumlah 100 soal yang bila betul semua maka akan bernilai 50 point. Sementara essai adalah praktek tertulis membuat surat kuasa dan surat gugatan yang bernilai 50 point. Lembar jawaban dari peserta akan dikirim ke DPP KAI di Jakarta untuk dikoreksi.

 ‘’Nilai pilihan ganda dan essai itu digabungkan bernilai 100 point. Untuk bisa lulus maka peserta harus mendapatkan nilai standar yaitu 80 point. Bila kurang dari itu maka peserta dinyatakan gugur dan boleh mengikuti ujian susulan atau gelombang kedua pada tahun 2023 ini juga,” terang Tengku.


‘’ Lulus atau tidaknya peserta ya tergantung kemampuan mereka mengikuti UCA. Pihak yang berwenang menilai adalah DPP KAI di Jakarta. Jadi lembar jawaban dari peserta ini akan kita kirimkan ke DPP KAI untuk dikoreksi. Hasil kelulusan diperkirakan keluar dalam waktu 30 hari. Tentu kita harap seluruh peserta bisa lulus lah ya. Bila pun mereka tidak lulus maka dipersilahkan mengikuti kembali UCA gelombang selanjutnya,” sambung Tengku.

Di tempat yang sama Ketua DPD KAI Jambi, Budi Asmara. SH. mengatakan KAI akan terus berusaha menghadirkan advokat pejuang keadilan bagi masyarakat Indonesia yang butuh keadilan. Dia juga berharap dengan dilaksanakannya UCA ini akan melahirkan advokat yang profesional, berkarakter, berintegritas  sesuai dengan UU 18 tahun 2003 tentang Advokat.


‘’Advokat adalah profesi terhormat, officium nobile. Jadi seorang advokat harus punya etika, pintar, berjiwa sosial yang tinggi. Dengan adanya ujian ini mudah mudahan melahirkan advokat- advokat yang sesuai perintah Undang-undang,” kata Budi Asmara.  


Dia juga menjelaskan secara singkat tahapan yang akan dilalui oleh peserta apabila lulus UCA yaitu mengikuti Diklat Khusus Pendidikan Advokat (DKPA) dan Pengambilan Sumpah Advokat.


‘’Bila hasil ujiannya keluar dan peserta UCA ini dinyatakan lulus maka harus melanjutkan DKPA yaitu Diklat Khusus Pendidikan Advokat selama lebih kurang satu bulan. Setelah itu baru lah mereka bisa diambil sumpahnya oleh ketua pengadilan di Pengadilan Tinggi Jambi . selanjutnya resmi lah mereka menjadi seorang advokat,” Pungkas Budi Asmara.




Sementara itu salah seorang peserta, Ivan kepada media ini mengatakan dirinya telah mempersiapkan diri sejak lama jelang pelaksanaan UCA. Bahkan dua hari jelang pelaksanaan UCA dirinya harus belajar hingga kurang tidur.

‘’Kami berterimakasih atas adanya program UCA oleh DPD KAI Jambi. Terus terang saya deg degan tadi waktu ujian, tapi alhamdulillah semua soal dapat saya jawab. Saya harap bisa lulus dengan nilai yang baik,” kata Ivan.


Tidak jauh berbeda, Nata salah seorang peserta UCA dari kabupaten Merangin juga mengaku harus mati matian belajar jelang pelaksanaan UCA. Dia sangat berharap bisa lulus yang otomatis akan membahagiakan ibu, istri dan anak-anaknya.


‘’Alhamdulillah Ibu, istri, anak – anak dan keluarga serta teman-teman saya sangat mendukung. Maka saya berharap sekali bisa lulus dan membahagiakan mereka,” ungkap Nata.(*)


Reporter : TimRedaksi

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com