Ketua DPRD Merangin Komitmen Selesaikan Konflik Warga dan PT APN Secara Konstitusional



Merangin | fokusinfo.com : Ketua DPRD Merangin, Herman Efendi, ST.MM berkomitmen menyelesaikan sengketa lahan antara PT APN (Andika Perkasa Nusantara) dan masyarakat Kecamatan Tabir Ilir khususnya desa Rantau Limau Manis. Bahkan pihaknya akan membentuk tim khusus untuk menjadikan persoalan ini terang benderang secara konstitusional.

‘’Sesuai kesepakatan pada hearing di DPRD kemaren, hari ini kita sengaja turun ke lokasi mengecek lahan perkebunan karet masyarakat yang disebut-sebut telah diratakan oleh PT APN. Dan ternyata kita bisa lihat sendiri memang telah terjadi,” Kata Abong Fendi sapaan akrab Herman Efendi seraya menunjuk lahan yang telah gundul.

Dalam kesempatan itu Abong Fendi juga merasa lahan tersebut memang bagian wilayah Kabupaten Merangin. Pasalnya sebagai seorang yang hoby offroad dirinya pernah menelusuri wilayah tersebut.

Baca juga : Menggebu-gebu, Zaidan Ismail Sebut PT APN Rampok Tanah Merangin

‘’Saya dulu pernah offroad di sini. Setahu saya memang punya desa Rantau Limau Manis,” singkatnya.

Menurut Abong Fendi, untuk menyelesaikan persoalan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena bisa jadi pihak perusahaan berani melakukan aktivitas perambahan karena memiliki dasar kuat.

‘’Makanya kita harus duduk bersama. Nanti bisa saling kroscek bukti yang kita miliki dan dasar yang mereka kantongi. Itu butuh waktu, tenaga dan fikiran yang jernih dan hati yang dingin,” tuturnya.

‘’Yang penting kita bersama berjuang. Bila tidak selesai diantara dua kabupaten ini maka persoalan ini akan kita bawa ke Provinsi, bila tidak selesai juga maka akan kita bawa ke pusat. Kami sebagai wakil rakyat berkomitmen penuh, tapi harus didukung pula oleh masyarakat,” sambungnya.

Terkait dengan tapal batas antar kabupaten, Fendi menyerahkan kepada BPN Merangin dan BPN Tebo untuk saling koordinasi.

‘’Soal tapal batas biar mereka nanti yang saling berkoordinasi didampingi kabag Pemerintahan dua kabupaten. Beri mereka kesempatan bekerja,” harapnya.

‘’Yang jelas semua pihak dua kabupaten yang berkaitan dengan persoalan ini harus duduk bersama. Didalam forum itulah kelak akan terbongkar mana yang benar,” tutup Abong Fendi dari Fraksi Golkar itu.

Pantauan media ini di lokasi tampah hadir pula sejumlah anggota DPRD Merangin, Bagian Pemerintahan Setda Merangin, Pemerintah Kecamatan Tabir Ilir, Polsek, TNI, Perwakilan BPN Merangin, Sejumlah Kades, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan masyarakat setempat.(*)

Reporter : DedeRiskadinata

Redaktur : TopanBOhemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com