Waka DPRD Merangin Zaidan Ismail, SH.I Salurkan Bantuan 7500 Benih Ikan Dari Pemkab Kepada Masyarakat Desa Sialang



Merangin | fokusinfo.com : Waka DPRD Merangin, H Zaidan SH.I menyalurkan bantuan bibit ikan kepada warga Desa Sialang Kecamatan Pamenang pada Senin 6 Februari 2023 sore. Turut hadir dalam kegiatan itu Kadis Perikanan, Irsadi, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para ketua RT dan sejumlah undangan serta masyarakat umum lainnya.

Kadis Perikanan, Irsadi kepada media ini mengatakan acara tersebut merupakan program sosialisasi budidaya perikanan yang bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat atau kelompok agar perlu mengetahui dan memahami bagaimana budidaya perikanan yang baik agar mendapatkan hasil yang optimal.

‘’Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam budidaya ikan membutuhkan perhatian ekstra terutama menyangkut kondisi kolam, kualitas airnya, pakannya juga benihnya. Bila tidak maka besar kemungkinan hasilnya akan mengecewakan,” Kata Irsadi.

‘’Yang saya jelaskan di dalam forum tadi itu secara umum ya, garis besarnya gitu. Nah untuk yang lebih mendetail masyarakat ataupun kelompok dapat menghubungi penyuluh kami di kantor. Nanti akan dijelaskan secara spesifik,” tuturnya.

Masih dikatakan Irsadi, dalam kegiatan saat itu ada sebanyak 7500 benih ikan yang diberikan kepada masyarakat oleh Waka DPRD Merangin, Zaidan. ‘’Ada 7500 benih Ikan dari Pak Zaidan,” pungkas Irsadi.

Sikap terpuji ditunjukkan Wakil Ketua DPRD Merangin, H Zaidan Ismail, SH.I. Tidak ingin disebut upaya pencitraan, Zaidan jujur bahwa bantuan benih ikan itu adalah milik Pemkab Merangin. Sementara dirinya hanya menyalurkan saja kepada masyarakat.

‘’Ini sebenarnya bantuan pemerintah, bukan bantuan pribadi saya. Kita di DPRD menganggarkan melalui dinas perikanan. Nah programnya kita support, jadi kami hanya menyalurkan saja yang telah diperjuangkan itu,” jujur Zaidan.

Zaidan mengharapkan bantuan yang diberikan dapat memacu semangat masyarakat untuk mau membuat kolam ikan sesuai standar. Menurut Zaidah bila hal itu dilakukan maka keinginan mewujudkan Merangin menjadi sentra perikanan akan mudah tercapai.

‘’Sepertikita ketahui kebutuhan ikan di merangin cukup tinggi. Sementara kita masih mendatangkan ikan ikan dari luar daerah seperti dari lubuk linggau, padang. Nah dengan adanya sosoalisasi seperi ini kita berharap Merangin melalui tangan dingin Pak Irsadi selaku Kadis Perikanan, bisa menjadikan Kabupaten kita ini sentra perikanan,” harap politisi PDI-Perjuangan itu.

‘’Kita dari DPRD akan selalu mendukung kegiatan unggulan seperti ini. Dan ini adalah langkah awal dan akan ada bantuan berikutnya sebagai stimulus mereka dalam melakukan budidaya ikan. Setelah desa ini akan ada beberapa desa lagi yang akan diberikan bantuan. Agar budidaya ikannya merata di seluruh wilayah di Merangin ini,” tutup Zaidan.

Yadi, tokoh pemuda setempat sekaligus inisiator kegiatan mengatakan selama ini masyarakat kurang mendapatkan ilmu budidaya ikan. Maka dengan adanya sosialisasi tersebut diharapakan kedepannya budidaya yang dilakukan oleh masyarakat bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

‘’Kami bersyukur kegiatan ini terlaksana dengan baik. Melalui dinas perikanan masyarakat mendapatkan ilmu tata cara budidaya ikan, melalui Pak Zaidan masyarakat mendapatkan ikannya,” kata Yadi.

Sebagai tokoh muda yang aktif, Yadi juga menginformasikan saat ini di wilayah tersebut telah berdiri UMKM yang bersedia melayani pembelian ikan hasil panen sehingga masyarakat yang membudidayakan ikan tidak perlu khawatir memasarkan hasil panen mereka kelak.

‘’Ada beberapa UMKM yang bersedia membeli hasil panen ikan. Salah satunya di desa Pinang Merah, mereka mengolah ikan dijadikan makanan salai ikan. Jadi tidak sulit memasarkan ikan karena sesungguhnya UMKM itu membutuhkan stok untuk produksi mereka,” terang Yadi.

Sementara itu, salah seorang warga yang mengikuti kegiatan tersebut mengaku senang. Menurut warga itu membudidayakan ikan otomatis akan meningkatkan perekonomian keluarga. ‘’Kami sangant senang dan antusias atas acara pemberian benih ikan gratis ini dari Pak Zaidan. Kami harap nanti bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Doni Indartin. (*)

 

Reporter : DedeRiskadinata

Redaktur : TopanBohemian

 

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com