Nilai Kinerja Kapus Tidak Optimal, FMSB Sampaikan Aspirasi Pemberhentian Ke Bupati Merangin

 



Merangin | fokusinfo.com : Isu beredar musibah yang menimpa rombongan Kapolda Jambi di Desa Tamiai Kerinci berimbas pada rencana Forum Masyarakat Simpang Limbur Bersatu (FMSB) untuk melaksanakan aksi demo pada senin 20 Februari 2023 ke Kantor Bupati Merangin. Aksi yang mulanya akan menurunkan lebih kurang 100 orang itu didasari penilaian mereka terhadap kinerja Kepala Pusksesmas (Kapus) Simpang Limbur, Fifi Maisari SKM yang dianggap tidak profesional.

 

Ahmad D, ketua FMSB sekaligus koordinator aksi mengklaim telah mengirimkan surat pemberitahuan ke Polres Merangin, namun karena fokus Polres lebih ke peristiwa kecelakaan yang dialami rombongan Kapolda maka mereka memangkas jumlah warga yang hadir dan merubah aksi demo menjadi penyampaian aspirasi atau hearing bersama Bupati Merangin.

 

‘’Kita sudah siapkan warga yang mau ikut demo. Tapi atas pertimbangan di lokasi nanti minim penjagaan dari aparat makanya kami sampaikan saja aspirasi ke Bupati Merangin, Alhamdulillah beliau menerima kedatangan kami,” kata Ahmad D.

 

Dalam penyampaian aspirasi di depan Bupati beserta sejumlah Kepala Dinas, FMSB menuangkan sejumlah point penting yang menjadi dasar mereka ingin agar Kapus segera diberhentikan. Mereka menilai Fifi Maisari SKM tidak layak dan tidak pantas menjadi kapus. Sejumlah point itu adalah

Kapus sering masuk jam 09.00 WIB dan pulang pukul 11.00 WIB. Bersikap arogan sombong angkuh kepada Tokoh Masyarakat Desa Simpang Limbur dan Desa Limbur  serta membuat kegaduhan.

 

‘’Dia juga tidak bersikap arif dan bijaksana dalam menyelesaikan persoalan internal pegawai puskesmas yang menyebabkan pelayanan kepada masyarakat tidak maksimal,” kata Ahmad D.

 

Catatan lain yang menjadi dasar oleh FMSB adalah Mobil ambulance dibawa kapus ke rumah digunakan untuk  kepentingan pribadi yang seharusnya kendaraan itu semestinya  standby di Puskesmas.

 

Dana kapitasi BPJS selama 6 bulan tahun 2022 tidak diberikan kepada pegawai pusksesmas yang menjadi hak pegawai puskesmas. ‘’Ini ada indikasi korupsi nya, mohon inspektorat lakukan pemeriksaan,” tegas Ahmad D

 

Tidak hanya itu, Ahmad D juga menceritakan pada malam tahun baru 2023 terjadi kecelakaan lalu lintas di Desa Simpang Limbur. Kala itu korban dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan pertolongan namun tragisnya di UGD tidak ada petugas.

 

‘’Karena ruang UGD kosong, korban tidak mendapatkan pertolongan sehingga meninggal dunia. Ini suatu peristiwa yang sangat melukai, bukan saja keluarga korban tapi kami semua merasakannya,” ungkap Ahmad D di depan Bupati

 

Mendengar itu, Bupati Merangin H Mashuri merespon positif. Dia mengatakan kinerja Kapus Simpang Limbur telah dipantau sejak awal penempatan. Atas dasar pengaduan oleh perwakilan desa Simpang Limbur maka Mashuri telah memerintahkan inspektorat untuk turun langsung melakukan investigasi ke lapangan.

 

‘’Nanti kita tunggu laporan dari hasil investigasi inspektorat. Apabila yang ditudingkan itu benar maka tidak menunggu lama yang bersangkutan akan kita tarik,” kata Mashuri.

 

Plt Inspektorat Merangin, Sayuti dikonfirmasi klaim siap mengemban tugas yang diperintahkan. Dia akan menurunkan tiga orang petugas untuk turun langsung ke lapangan.

 

‘’Iya kami akan turunkan tiga orang petugas turun ke lapangan. Kami akan usahakan seoptimal mungkin mendapatkan hasilnya bila yang kami perlukan ada di tempat maka laporan hasil investigasi bisa lekas terlaksana,” kata Sayuti.

 

Sementara itu salah seorang peserta aksi, Muspi mengatakan apabila tuntutan mereka tidak diindahkan oleh Pemkab maka tidak menutup kemungkinan gelombang massa yang lebih besar akan menduduki kantor Bupati Merangin.

 

‘’Apabila tidak ada responnya maka kami akan turun lagi dengan jumlah massa yang lebih besar,” pungkas Muspi. (*)

 

Reporter | Redaktur : TopanBohemian

 

 


 

 

 

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com