Diduga DPH Program Hibah AusAid 2015 PDAM Tirta Merangin Direkayasa


Fokusinfo.com | Merangin : Program Hibah Air Minum kerjasama Pemerintah Indonesia dan Australia (AustralianAid, AusAid) di Merangin pada 2015 lalu diduga sarat rekayasa Daftar Penerima Hibah (DPH).

Sebanyak 1500 Sambungan Rumah (SR) yang dibangun di 11 kecamatan tidak memenuhi standar penerima manfaat hibah yang telah ditetapkan.    

‘’Saya lihat ada rekayasa data penerima manfaat hibah. Warga yang seharusnya tidak menerima tapi bisa mendapatkan bantuan tersebut,” kata salah seorang informan media ini yang enggan dituliskan namanya.

Menurut informan itu, modus rekayasa data penerima manfaat dimanfaatkan untuk memenuhi persyaratan mendapatkan bantuan hibah tersebut.

‘’Jika data lengkap maka PDAM Tirta Merangin bisa mendapatkan bantuan hibah itu. Dan lagi bantuan tersebut bukan langsung untuk masyarakat tapi diperuntukkan membangun sejumlah fasilitas yang tujuannya juga untuk masyarakat. Mungkin tujuannya baik, tapi bukan berarti benar,” ungkapnya.

Tidak hanya rekayasa data penerima manfaat hibah, informan media ini juga mensinyalir adanya rekayasa jumlah DPH di tiap kecamatan.

‘’Saya pernah juga iseng-iseng tanya ke salah satu wilayah yang mendapatkan bantuan tersebut, saya tanya Bapak ini (menyebutkan nama) rumahnya mana, tapi warga sekitar tidak ada yang tahu. Artinya itukan ada pemalsuan identitas, yang tidak ada diadakan,” terangnya.

Informasi yang didapatkan dari berbagai sumber, tahun 2015 Merangin mendapatkan bantuan Program Hibah Air Minum kerjasama Pemerintah Indonesia dan Australia (AusAid).
Besaran dana hibah ini diberikan secara progresif sesuai dengan jumlah SR yang berhasil dibangun dengan perincian Rp. 2 juta bagi 1-1000 SR dan Rp. 3 Juta bagi 1001- seterusnya.
Kabupaten Merangin berhasil mendapatkan DPH sebanyak 1500 SR dengan dana Rp.4,5 Milyar.

Sementara itu Direktur PDAM Tirta Merangin, Zuhdi hingga berita ini dipublikasikan belum bisa dihubungi. (redaksi)

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com