Hujan Tak Lebih Satu Jam, BTN Puri Kencana 1 Bangko Kebanjiran Tengah Malam.



Merangin | fokusinfo.com : Kamis malam, 03 Agustus 2023 sekira pukul 01.15 WIB BTN Puri Kencana 1 Waskita Karya Bangko kembali dilanda bencana banjir. Akibatnya belasan rumah warga yang berada di sekitaran dataran rendah, terendam.

 

Informasi yang media ini peroleh, banjir kali ini adalah yang terbesar dan terparah apalagi berlangsung pada tengah malam yang mengakibatkan kesulitan warga mengantisipasi penyelamatan barang-barang berharga.

 

‘’Hujan deras sekali malam itu, tapi kondisi masih aman. Ketika hujan agak mereda barulah debit air membesar dan langsung memasuki rumah. Kami tidak sempat memindahkan barang-barang karena kondisi saat itu memang waktunya istirahat,” kata Des, seorang warga.

 

‘’Akhirnya kursi kasur karpet dan beberapa barang perabotan lainnya terendam,” sambungnya.

 

‘’Semenjak tinggal disini, baru kali ini kami kena banjir. Ini kondisinya sangat parah. Kalau tidak ada tindak lanjutnya bisa bisa perumahan yang dibawah ini tenggelam semua,” kata Novan, warga lainnya.

 

‘’Ya Allah banjir lagi Puri. Kasihan warga kita setiap hujan lebat pasti dilanda banjir. Semoga Pemerintah Daerah Merangin cepat bisa mengatasi,” ujar Haryadi Purn TNI yang kebetulan rumahnya berada di dataran agak tinggi BTN Puri Kencana.

Edi Susanto, salah seorang pengurus RT 21 kepada media ini mengatakan fenomena sering banjir di BTN tersebut baru baru ini saja terjadi. Dia menduga hal itu terjadi lantaran ada pendangkalan sungai sehingga tidak mampu menampung debit air ketika hujan, khususnya air kiriman dari hulu sungai tersebut.

 

‘’Saya cukup lama tinggal di BTN ini jadi dapat menyaksikan perbandingannya. Dulu tidak begini, hujan deras pun tidak sampai banjir, hanya bagian rumah yang tepat bersebelahan dengan sungai saja yang kena imbas rembesan air. Nah belakangan ini hujan satu jam saja sudah airnya sudah besar dan menggenangi belasan rumah yang jaraknya puluhan meter dari sungai,” kata Edi.

 

‘’Kami menduga hal itu karena kondisi sungai sudah ada pendangkalan. Maka dari itu kami meminta perhatian dari Pemerintah untuk turut serta menanganinya. Solusi yang kami ajukan adalah melakukan pendalaman dan pelebaran sungai. Dengan begitu laju aliran air kiriman bisa lebih lancar,” tuturnya.

 

Edi juga menambahkan penanganan itu harus sesegera mungkin dilaksanakan mengingat dampak sosial yang akan dialami oleh masyarakat. ‘’Pemerintah jangan berdiam diri saja, beraksilah untuk kenyamanan masyarakat. Bila dibiarkan, hari ini belasan rumah terendam dan tidak menutup kemungkinan akan ada puluhan rumah yang terendam banjir,” pungkas Edi.

 

Sementara itu Tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD Merangin, Muhammad Thais dikonfirmasi mengatakan perlu adanya pendalaman informasi status kepemilikan aset sungai tersebut lantaran saat ini berada dalam bagian perumahan Puri Kencana. Hal itu berkaitan karena untuk bisa mendapatkan bantuan penanganan proyek dari pemerintah, statusnya harus jelas.

 

‘’Setahu saya untuk dapat mendapatkan bantuan dari Pemkab maka pemilik BTN harus menyerahkan kepada pemerintah. Nah ini harus dicari dulu informasinya, apakah pemilik BTN telah menyerahkan ke pemerintah. Apabila sudah maka proyek-proyek dari Pemkab akan mudah masuk ke perumahan ini,” Kata M Thais.

Informasi dari berbagai sumber, perumahan BTN Puri Kencana 1 dibangun oleh PT Kayu Kencana dengan Direktur bernama Hendri. (*)

 

Reporter | Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com