Kades Rantau Limau Kapas Bakal Kena Sanksi, Imbas Angkat Orang Usia Tua Jadi Kadus



Merangin | fokusinfo.com : Kepala Desa Rantau Limau Kapas Kecamatan Tiang Pumpung, Zainudin mendapat sorotan warga. Pasalnya Zainudin mengangkat dua orang sebagai kepala dusun (Kadus). Padahal diduga dua orang itu berusia sekira 60an tahun

 

Baca juga : Kades Rantau Limau Kapas Angkat Orang Usia Tua Jadi Kadus, SejumlahWarga Menggerutu.

 

Kabag Hukum Setda Merangin, Aditya SH MH diminta tanggapannya mengatakan bersandar pada regulasi apa yang dilakukan oleh Kades adalah salah. Namun disisi lain seorang Kades merekat nilai kebijakan yang memungkinkan tindakan seperti itu dilakukan dengan argumentasi logis.

 

‘’Sebelumnya saya katakan dulu ya bahwa perangkat desa itu batas usia pensiunnya 60 tahun. Terkait soal ini, regulasinya kan sudah baku. Jadi apa yang dilakukan oleh seorang Kades bila tidak sesuai dengan regulasi maka tentu saja salah. Namun karena seorang kades itu punya kebijakan berdasarkan pengetahuannya mengenal karakter desa yang dipimpinnya itu, maka sah sah saja mengangkat orang yang usianya diatas 58 tahun. Tapi harus bisa menjelaskan ke publik alasan pengangkatan itu,” terang Aditya.

 

Menurut Kabag Hukum, tiap desa memiliki karakteristik SDM tersendiri yang mungkin berbeda dengan wilayah lain. Karena itu memungkinkan apabila seorang Kades mengambil kebijakan mengingat yang akan menggunakan jasa perangkat desa adalah Kades itu sendiri.

 

‘’Mungkin ada keunggulan di bidang tertentu yang tidak dimiliki oleh orang lain sehingga seorang Kades mengangkat seseorang sebagai perangkat desa. Kalau norma hukumnya sudah baku, cuma ada kondisi tertentu yang bisa mentolerir tindakan seorang Kades.” Tambahnya.

 

Dalam kasus ini Aditya juga mengatakan peluang menjatuhkan sanksi kepada Kades tetap terbuka namun untuk menuju ke arah situ harus ada pihak yang mempersoalkannya.

 

‘’Bisa saja Kadesnya disanksi, bila ada pihak yang mempersoalkan kasus seperti itu.  Prosesnya berjenjang,” pungkas Aditya.

Sementara itu hingga berita ini dipublikasikan Kades Rantau Limau Kapas, Zainudin dikonfirmasi belum memberikan jawaban. Media ini akan menyediakan ruang hak jawab maupun hak koreksi kepada pihak pihak yang berkaitan dengan artikel pemberitaan ini. (*)

 

Reporter : GondoIrawan

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com