Camat Tiang Pumpung Angkat Bicara. Terkait PemDes Rantau Limau Kapas Angkat Orang Usia Tua Jadi Kadus



Merangin | fokusinfo.com : Kepala Desa Rantau Limau Kapas Kecamatan Tiang Pumpung, Zainudin mendapat sorotan warga. Pasalnya Zainudin mengangkat dua orang sebagai kepala dusun (Kadus). Padahal diduga dua orang itu berusia sekira 60an tahun. Kabag Hukum Setda Merangin, Aditya SH MH diminta tanggapannya mengatakan bersandar pada regulasi apa yang dilakukan oleh Kades adalah salah.

 

Baca Juga : Kades Rantau Limau Kapas Bakal Kena Sanksi, Imbas Angkat Orang Tua Usia Jadi Kadus


Sedikit ke belakang, salah satu persyaratan pengangkatan perangkat desa adalah terbitnya surat rekomendasi persetujuan pengangkatan perangkat desa oleh pihak Kecamatan dengan dasar surat permohonan rekomendasi pengangkatan perangkat desa oleh desa setempat.

 

Camat Tiang Pumpung, Isnaini dihubungi via telpon membenarkan pihaknya telah menerbitkan surat tersebut. Dalam konteks ini Isnaini beranggapan jabatan Kadus bukanlah perangkat desa melainkan setara dengan perangkat desa sehingga sah sah saja mengangkat seorang menjabat Kadus meski berusia diantara 50 sampai 60 tahun.

 

‘’Kadus itu bukanlah bagian dari perangkat desa tapi di setarakan dengan perangkat desa,” tegas Isnaini.

 

Masih dikatakan Isnaini, atas dasar itu pula tidak masalah seseorang diangkat menjadi Kadus meskipun hanya mengantongi ijazah SMP. ‘’Karena Kadus bukan perangkat desa jadi saya kira itu masih bisalah, pakai ijazah SMP,” singkatnya.

 

Alasan lain yang diungkap Isnaini adalah karena tidak ada lagi pilihan selain Umar Dani dan Mahmud sesuai dengan surat permohonan persetujuan rekomendasi yang diajukan oleh Pemdes Rantau Limau Kapas kepada Pihak Kecamatan Tiang Pumpung.

 

‘’Dan lagi mengingat eksistensi dua orang ini yang merekat ketokohan, mengerti adat istiadat jadi layak untuk diangkat sebagai  Kadus,” ujarnya.

 

‘’Jadi pertimbangan kami dari pihak kecamatan, dari pada terjadinya kekosongan Kadus di Desa Rantau Limau Kapas,

Ya kami rekomendasikan lah,” tutup Isnaini, Camat Tiang Pumpung. (*)

 

Reporter : GondoIrawan
Redaktur : TopanBohemian

 

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com