Nalim Dianugerahi Gelar ‘Datuk Darah Putih’

Zumi Zola Datuk Intan Putih, Handayani Datuk Ninik Mamak

Fokusinfo.com | Tabir Ulu : Dr. H Nalim, SH MM mendapat kehormatan dianugerahi gelar ‘Datuk Darah Putih’ dari Lembaga Adat Desa Rantau Ngarau Kecamatan Tabir Ulu, Sabtu 12 Agustus 2017 pekan lalu.

Penganugerahan gelar bersamaan dengan agenda tasyakuran atas undangan dari anggota DPR RI H Handayani, SKM MPH disaksikan ribuan warga baik lokal maupun tamu undangan dari daerah lainnya.

Dalam kesempatan itu Nalim menyatakan kegembiraannya dapat dianugerahi gelar adat Datuk Darah Putih. ‘’Terimakasih kepada Lembaga Adat dan masyarakat Desa Rantau Ngarau ini yang telah menganugerahi saya gelar adat ini,” ungkap Nalim

Sementara itu, Ketua Lembaga Adat Rantau Ngarau, Nurdin mengatakan penyematan gelar kepada Nalim bukan asal-asalan, namun telah melalui sejumlah pengkajian antar anggota Lembaga Adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama di desa itu.

‘’Bukan sembarangan memberikan gelar adat kepada seseorang. Perlu pengkajian khusus, membuka rekam jejaknya, melihat moral budi pekerti, dan masih banyak lagi pertimbangan kami sehingga Bapak Nalim diberikan gelar kehormatan itu,” katanya.

Nurdin menjelaskan penganugerahan gelar adat Datuk Darah Putih memiliki filosofi yang baik dan terhormat. ‘’Datuk itu tentu seorang yang dituakan, tokoh masyarakat, tempat orang mengadu persoalan dan mendapatkan solusi. Darah itu bagian dari tubuh, aliran darah yang lancar akan mendapatkan tubuh yang sehat. Sementara putih adalah simbol kebersihan, terang, ikhlas, suci murni,” terang Nurdin

Menurutnya dengan dianugerahi gelar datuk darah putih kepada Nalim, secara garis besarnya penerima gelar adalah seorang tokoh yang memiliki budi pekerti luhur, tempat masyarakat mengadu segala persoalan yang dihadapi.

‘’Kami doakan semoga Bapak Nalim selalu dalam lindungan Allah SWT, diberikan kesehatan agar bisa memimpin Merangin kembali,” tutupnya.

Dalam acara itu bukan saja Nalim yang diberikan gelar adat oleh Lembaga Adat Desa Rantau Ngarau, tetapi ada juga pemberian gelar adat kepada Gubernur Jambi Zumi Zola dengan gelar Datuk Intan Putih dan gelar Datuk Ninik Mamak yang disematkan kepada H Handayani. (Redaksi)

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com