Disuguhi Tari Tradisi Mendulang, Nalim Terpukau & Mengapresiasi

Fokusinfo.com | Tabir Ulu : Perhatian Dr H Nalim, SH MM terhadap seni tradisi dan budaya suatu daerah tidak perlu diragukan lagi. Sejumlah event budaya pernah melibatkan Nalim baik sebagai pemrakarsa, donatur, motivator hingga spiritual pelestariannya.

Semangat Nalim melestarikan budaya terintip juga pada acara undangan tasyakuran yang dimotori oleh Anggota DPR RI, H Handayani di Desa Rantau Ngarau Kecamatan Tabir Ulu, Sabtu 12 Agustus 2017 pekan lalu.

Acara yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi, Zumi Zola serta sejumlah tokoh petinggi Partai itu berlangsung hikmat dikemas dalam suasana keakraban dan kentalnya kekeluargaan.

Sebagai daerah yang memegang teguh adat istiadat desa, kedatangan tokoh-tokoh ini disambut dengan penampilan tari tradisi oleh putri-putri terbaik Desa Ngarau. Salah satu tari yang ditampilkan adalah Tari tradisi Mendulang , dibawakan oleh mayoritas siswi SDN 30 Rantau Ngarau.

Penampilan tari tersebut selain menghibur juga mensiratkan makna tersendiri bagi penonton. Pantauan media ini, tampak Nalim sangat terpukau dengan tarian yang ditampilkan generasi penerus bangsa itu. Menurut informasi yang media ini dapatkan, Nalim memang tengah berupaya melestarikan adat budaya daerah merangin seperti tari, tradisi membuka lubuk larangan, dan lainnya.

‘’Wajar saja Pak Nalim menikmati tarian anak-anak kita ini. Soalnya Pak Nalim itu peduli dengan tradisi budaya adat istiadat. Tari yang ditampilkan anak-anak juga adalah tari tradisi daerah sini,” ungkap Warga yang hadir pada acara, kepada media ini.

Tidak hanya itu, Nalim juga kagum dengan penampilan atraksi silat yang ditampilkan oleh padepokan silat seperti memecahkan bata dan lain sebagainya.

Sementara itu pelatih tari, Tiara mengatakan tari yang ditampilkan anak didiknya ditujukan untuk menyambut kedatangan tamu ataupun tokoh penting ke desa mereka.

‘’Biasanya tari ini sebagai pertunjukan penghormatan untuk menghibur tokoh ataupun tamu dari luar. Dan hari ini tamu yang datang adalah Pak Gubernur Zumi Zola, Pak Handayani dan Pak Nalim,” ungkap Tiara.

Tiara mengaku untuk bisa membuat pertunjukan yang baik, mereka memerlukan waktu lebih dari dua minggu latihan sehingga saat penampilan tetap mencerminkan nilai filosofi makna tari itu.

‘’Kami giat latihan untuk menyambut acara ini,” singkatnya

Dirinya juga mengaku senang saat penampilan disaksikan langsung oleh para tamu undangan yang hadir. ‘’Alhamdulillah saat penampilan adek-adek kami ini total berekspresi. Suatu kehormatan juga bisa mempersembahkan performance yang baik dihadapan bapak-bapak tamu mulia tersebut,” tutup Tiara (redaksi)

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com