Disdikbud Akan Bentuk dan Turunkan Tim. Terkait Polemik di SMPN 4 Sarolangun



Sarolangun | fokusinfo.com : Heru Kepala SMPN 4 Sarolangun diduga terafiliasi LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Dugaan itu muncul atas pengakuan Heru sendiri ketika dikonfirmasi soal dugaan Pungli (Pungutan Liar) yang terjadi di sekolah yang dipimpinnya itu.

Baca juga : Terbongkar, Kepsek SMPN 4 Sarolangun TernyataJuga LSM

Dibalik itu, pihak SMPN 4 Sarolangun dituding kerap melakukan pungli  seperti adanya pungutan dari pihak sekolah dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang sangat memberatkan saat daftar ulang dan biaya perpisahan yang dibebankan kepada orang tua siswa.

Salah seorang wali murid baru di SMP Negeri 4 Sarolangun mengaku mendapat pungutan dari pihak sekolah sebesar Rp810 ribu, besaran pungutan tersebut disampaikan pihak sekolah saat proses daftar ulang.

‘’Saya dibagi kertas seperti bukti pembayaran  berisi ketentuan biaya yang harus dibayar, ada untuk baju Busana Melayu, Baju Batik , Sampul, Kartu Pustaka dan Kartu Siswa serta Atribut. Yang totalnya Rp. 810.000,-  itupun mas diluar baju seragam putih biru dan baju pramuka’’Kata wali murid itu.

Ketua komite SMPN 4 Sarolangun, Teteng Sunandi juga menyatakan bahwa mayoritas orang tua siswa keberatan dengan kebijakan pihak sekolah yang kerap membebankan dana kepada para orang tua siswa. 

‘’Uang perpisahan terkumpul Rp.18 juta itu terbagi kegunaan untuk pembiayaan membuat gapura (modus kenang-kenangan) senilai Rp.11 juta yang belum selesai sampai saat ini. Selebihnya untuk membayar Ijazah dan sidik jari, padahal orang tua murid keberatan,” ujar ketua Komite Teteng Sunandi. 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Sarolangun, Helmi dimintai tenggapannya mengaku baru mengetahui hal tersebut.

‘’Saya baru tahu infonya. Saya akan pelajari dan turunkan tim ke sekolah itu dalam satu atau dua hari ini,” kata Helmi.

Terkait soal pengakuan Heru yang juga sebagai LSM, Helmi menanggapi dengan bias. Tidak membenarkan ataupun menyalahkan.

‘’Setahu saya seorang PNS secara umum tugasnya abdi negara melayani masyarakat. Kajiannya kembali ke tupoksi LSM tugasnya apa dan wartawan tugasnya apa,” tutup Helmi. (*)

Reporter : Djarnawi Kusuma

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com