Sungai Hantu & Bukit Langgeh : Tanah Yang Terlantar , Kini Menghasilkan Puluhan Ton Kopi




 


PHOTO : Yurizal Salim Kades Sungai Medang Dan Mudardi Kades Desa Baru Desa Sungai Medang



Kerinci Fokusinfo.com – Sungai Hantu dan Bukit Langeh Merupakan sebutan Tanah yang terletak dikawasan Desa Sungai Medang Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci Jambi.
Tanah dengan luas lebih dari 10.000  hektare itu merupakan tanah Adat Desa Sungai Medang yang mana bagi warga Desa sungai medang disisi adat tidak ada larangan untuk mengerjakan tanah tersebut selagi mampu.
Ada segitar 100 Kepala Keluarga ( KK) Desa sungai medang mencoba Pengelolaan lahan dimulai pada pertengahan 2010. Bermula dari ide Pahrudin dans Fahrizal Ardi warga Desa Sungai Medang, Ia menginginkan lahan tersebut dimanfaatkan dengan menggunakan sistem pertanian yang baik, sehingga bisa menjadi kebun yang dapat menambah ingkam produktif 
warga.

 
 
 photo Warga yang Desa Sungai Medang Yang Berkebun di Areal Sungai Hantu dan Bukit Langeh

Komoditas yang diusahakan di kebun ini ialah cukup banyak diantaranya , Kopi dan Kayu Manis, sewaktu tanaman kopi dan kulit kayu manis masih kecil  Pahrudin dan pahrizal Ardi menanamkam tanaman sayuran seperti cabai, terong dan kacang.
Dengan kondisi tanah yang cukup subur warga setempat berbondong-bondong membuka lahan tersebut bahkan dengan kondisi saat ini kopi yang dihasilkan warga dari Tanah Sungai Hantu dan Bukit Langeh sudah Berton- ton Kopi.
Monardi selaku kepala Desa Baru Sungai Medang membenarkan hal tersebut, bahkan pemerintahan Desa Baru sungai medang dan Desa Sungai medang saat ini telah mengkucurkan dana melalui Dana dua Desa (DD) untuk pembukaan jalan baru Pertanian ke arah kebun masyarakat.
Hal senanda disampaikan Yurizal salim Selaku kepala Desa sungai medang, dengan adanya semangat masyarakat membuka kebun di kawasan sungai hantu, sungai kebetung dan Bukit langeh kami dari pemerintahan Dua Desa telah mengkucurkan dana untuk pembukaan jalan baru pertanian, saat ini proyek tersebut hampir selesai, ungkap Yurizal Salim.
Reporter : Tomi Haryanto
Redaktur :Dede Riskadinata
Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com