Konflik Pemdes Limbur Merangin vs PT SPP Belum Selesai. Terkait Pengelolaan Hutan Rimbo Dendang

Bujang Hamdi

Merangin | fokusinfo.com : Isu berkembang ditengah publik mayoritas warga Desa Limbur Merangin Kecamatan Pamenang Barat yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa tidak lagi menginginkan PT SPP ( PT Swasembada Pangan Prima) menggarap atau mengelola lahan Hutan Rimbo Dendang yang berstatus hutan adat masyarakat milik Desa Limbur Merangin. Informasi yang media ini peroleh lahan Hutan Rimbo Dendang merupakan perkebunan sawit masyarakat Desa Limbur Merangin.

Keputusan itu berdasarkan pengamatan masyarakat terhadap kinerja PT SPP dalam pengelolaan yang dinilai tidak profesional sehingga masyarakat merasa dirugikan. Persoalan itupun beberapa kali telah dimusyawarahkan oleh masyarakat yang diperkuat dengan kehadiran sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat hingga perangkat desa. Bahkan oleh Pemdes, hasil musyawarah telah pula disampaikan melalui tembusan berita acara kepada pihak kecamatan Pamenang Barat, Polsek Pamenang, Polres Merangin, DPRD Merangin hingga Bupati Merangin.

‘’Kami tidak mau lagi mereka mengelola sawit di hutan adat itu. Banyak kecurangan yang kami temukan di lapangan,” tegas  Bujang Hamdi yang mengaku ditunjuk sebagai Koordinator Penyelamatan Tanah Hutan Adat.

Salah satu contoh kasat mata yang dibeberkan Bujang Hamdi adalah tidak adanya perawatan tanaman sawit oleh PT SPP sehingga saat ini kondisi lahan kebun menjadi semak belukar.

‘’Luas lahan itu 360 Hektar dan yang baru ditanami 180 Hektar. Bisa dicek ke lapangan saat ini kondisinya semak, tidak tampak adanya bekas perawatan. Juga kami duga tidak ada pemupukan karena hasilnya minim sekali,” tutupnya.

Hingga berita ini dipublikasikan media ini masih dalam upaya konfirmasi kepada pihak PT SPP guna mendapatkan klarifikasi. Media ini siap akan menyediakan ruang hak jawab ataupun hak koreksi kepada pihak-pihak yang berkaitan dengan persoalan ini. (*)

Reporter : Djarnawi Kusuma

Redaktur : TopanBohemian

 

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com