Babak Baru Posyandu 227 Juta | Ormas Lempamari Tidak Terdaftar Di Kesbangpol Merangin

Kurnia SH yang mengenakan Jilbab

Merangin | fokusinfo.com : Ormas Lempamari yang merupakan singkatan dari Organisasi Kemasyarakatan Lembaga Pembangunan Masyarakat Mandiri adalah rekan kerjasama kantor lurah Pamenang untuk pembangunan gedung posyandu senilai Rp.227 juta tahun 2020. Belakangan ternyata ormas ini tidak terdaftar di Kesbangpol Merangin.

 

Baca Juga : Pelaksana Pembangunan Posyandu 227 Juta Ternyata Atas Nama OrmasLempamari

 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Merangin, Hendri Maidalef melalui Kabid ketahanan, seni budaya, agama, kemasyarakatan dan ekonomi, Kurnia, SH menegaskan dari 136 ormas yang tertera di database nya tidak ditemukan nama ormas Lempamari tersebut.

 

‘’Data yang kami punya dari tahun 2013 - 2020, tidak ada ormas bernama Lempamari,” singkatnya.

 

Kurnia menjelaskan, semestinya setiap ormas yang bergerak / beraktivitas di Merangin harus mendaftarkan diri di Kesbangpol agar ormas tersebut diakui keberadaannya oleh pemerintah.

 

‘’Ormas yang mendaftarkan diri akan mendapatkan SKT, Surat Keterangan Terdaftar. Dalam perjalanannya ormas tersebut juga seharusnya melaporkan kegiatannya per enam bulan ke Kesbangpol,” kata Kurnia.

 

Lalu atas dasar apa Ormas Lempamari yang diduga berkaitan dengan seorang kontraktor bernama Heru, bisa bekerjasama swakelola dengan kantor Lurah Pamenang untuk membangun gedung posyandu tersebut ?

 

Salah seorang tokoh masyarakat (tomas) Pamenang mengungkapkan di kecamatan itu juga ada beberapa ormas, namun kenapa tidak diajak untuk bekerjasama dalam pembangunan tersebut.  

 

‘’Inikan proyek sifatnya swakelola. Bagi saya tidak jauh beda dengan proyek swakelola di sekolahan, yang mana masyarakat dilibatkan. Nah di Pamenang ini ada juga ormas yang kami yakin cukup banyak anggotanya. Seperti karang taruna, itukan bisa diberdayakan,” kata tomas itu.

 

Dia juga menyampaikan pendapat pribadinya bahwa sebuah ormas merupakan kumpulan masyarakat yang berorganisasi dan didalamnya ada semacam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan seperti penyelenggaraan olahraga, keagamaan, pendidikan dan lainnya.

 

‘’Setahu saya yang namanya ormas itu banyak orang didalamnya sebagai anggota, dan terstruktur. Bila ormas hanya ada beberapa orang saja, bisa jadi itu modus saja,” tutupnya.

 

Sementara itu hingga berita ini dipublikaskan, Heru yang diduga berafiliasi dengan Ormas Lempamari belum bisa dikonfirmasi, dan media ini akan melayani hak jawab yang bersangkutan. (*)

 

Reporter : TimInvestigasi

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com