PKDM Terintip Adopsi Event JFC, Performa Budaya Merangin Malah Tenggelam ?



Merangin | fokusinfo.com : Event Pekan Kebudayaan Daerah Merangin (PKDM) beberapa waktu lalu telah usai. Belakangan terkuak sejumlah tanya terkait konsep dan kesuksesan acara yang diselenggarakan pada 19-22 September 2023 itu.

 

Sejak awal memang telah digembar-gemborkan acara PKDM adalah barisan kolaborasi tiga event yaitu Geopark manifesto art & edutainment bersama event Sumatera Regional Pertikawan (Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan saka Wanabakti) dan event Festival ekonomi kreatif  yang berpusat di lingkungan Kantor Bupati Baru Kabupaten Merangin. Meski demikian narasi ‘Pekan Kebudayaan Daerah Merangin’ menggiring imajinasi publik bahwa apa yang akan ditonton mereka kelak adalah kebudayaan Merangin.

 

Namun ternyata dalam acara PKDM itu terselip model-model ala JFC (Jember Fashion Carnaval) yang disebut-sebut tidak berkaitan dengan kebudayaan Merangin. Konsep acara PKDM dipertanyakan kala itu.

 

‘’Saya kira karnavalnya hanya diikuti oleh orang orang Merangin dengan kostum yang berkaitan dengan budaya atupun tradisi Merangin, ternyata ada penampilan para model dari luar Merangin, mungkin mereka diundang. Menurut saya itu bagus sih, tapi tidak relevanlah dengan acara kita ini yang secara harfiah tentulah penyelenggara bermaksud ingin mengedepankan atau mengangkat kebudayaan Merangin. Sementara mereka berpose dengan mode fashion yang tidak berkaitan dengan kebudayaan Merangin,” kata Jaya, seorang warga berdomisili di Bangko.

 

‘’Saya tidak menampik masyarakat Kabupaten Merangin saat ini kondisinya multikultural. Maksud saya apakah Merangin ini tidak percaya diri dengan kebudayaannya hingga harus mendatangkan kostum luar demi mencapai kesan wah. Jangan jangan kostum itu dirental. Soalnya saya merasa pernah melihatnya di internet,” sambungnya.

 

Jaya menambahkan, dengan ditampilkannya para model ala JFC secara tidak langsung menenggelamkan model-model Merangin. ‘’Mestinya ambil eventnya saja untuk diterapkan di Merangin. Bukan malah bulat-bulat mengundang para model JFC. Hasilnya bisa dilihat masyarakat lebih antusias melihat peragaan mereka,” tutup Jaya. (*)

 

Reporter : GondoIrawan

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com