Adm Dokumen Pengantar Nikah di Desa Sungai Ulak Rp.200 Ribu. Warga dan Kades Saling Adu Perbandingan.



Merangin | fokusinfo.com : Peristiwa pungutan biaya administrasi kepengurusan dokumen surat nikah di Desa Sungai Ulak Kecamatan Nalo Tantan, mencuat. Warga yang ingin mengurus dokumen itu diminta biaya sebesar Rp.200 ribu oleh oknum pegawai di kantor Desa.

 

‘’Jadi saat itu calon pasangannya ponakan saya itu sempat bilang kok disini bayar, padahal di tempat asalnya tidak bayar,” kata seorang warga.

 

Kepala Desa Sungai Ulak, Muchtar Jais dikonfirmasi menjelaskan bahwa sebelumnya pihak KUA Kec mengglobalkan biaya ke desa sebesar Rp.1,1 juta. Semenjak ada pergantian kepala KUA Kec, dana itu diambil sendiri.

 

‘’Saya juga pernah dengar informasi itu dari seorang warga RT 10. Sebenarnya kan dulu dari KUA Kec itukan Rp.1,1 juta biayanya diglobal ke desa. Sekarang KUA Kec ambil sendiri terus kami membuat rekomendasi untuk diserahkan ke KUA Kec,” kata Kades.

 

‘’Kalau Perdesnya tidak ada. Memang ada operator yang menyampaikan biayanya Rp.200 ribu itu kita akui. Kami juga tahu ada yang gratis tapi perlu juga diketahui bahwa ada desa yang memungut hingga Rp. 1 juta,” tuturnya.

 

‘’Mungkin kalau warga itu nitip sama pegawai lalu dibawa ke saya untuk tanda tangan, mungkin diambil. Kalau saya pribadi tidak pernah meminta dana untuk tanda tangan,” sambungnya.

 

Kades juga menceritakan pengalamannya ketika ada seorang warga yang marah marah di kantor desa akibat diminta dana tersebut. Setelah diberikan pengertian akhirnya solusi yang terbaik diperoleh.

 

‘’Kebetulan saya ada di kantor, seorang warga marah marah membanding bandingkan biaya di desa ini dengan desa lainnya. Lalu saya panggil yang bersangkutan, saya tawarkan kepadanya apabila mau yang gratis ada solusinya,” beber Kades.

 

‘’Kalau mau gratis bisa juga. Langsung saja datang ke saya, jangan tanya biaya. Saya akan langsung tandatangan. Ini sebenarnya soal pergaulanlah. Tidak ada patokan, tapi kalau tanya ke oknum pegawai maka akan dijawabnya Rp.200 ribu. Tapi kalau mau kasih 100 atau 50 atau tidak memberikan juga tidak masalah kok,” pungkasnya. (*)

 

Reporter : TimRedaksi

Redaktur : TopanBohemian

 

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com