Pemdes Tambang Tinggi Gelontorkan Dana Perbaiki Jalan Kabupaten. M Helmi : ‘Demi Kepentingan Masyarakat’


Sarolangun | fokusinfo.com :
Merasa tidak ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk memperbaiki jalan di wilayah desanya, Pemerintah Desa (Pemdes) Tambang Tinggi Kecamatan Cermin Nan Gadang, Sarolangun memperbaiki sendiri jalan yang berstatus jalan kabupaten itu.

Jalan yang diperbaiki adalah jalan penghubung Dusun Pulau Teluk menuju Mangkua sepanjang 3,7 km. Untuk merealisasikan proyek itu Pemdes Tambang Tinggi  menggunakan dana desa dari ‘dana desa ketahanan pangan’. 

Sekretaris Desa (Sekdes) Tambang Tinggi, Maskun kepada media ini mengatakan jalan tersebut sejak tahun 2015 hingga 2022 belum ada perbaikan dari Pemkab sementara kondisinya saat ini tidak layak dilalui kendaraan.

‘’Jalan ini pernah direhab dan pengesahan pada tahun 2015 lalu dengan APBD Sarolangun. Tapi seiring perjalanan waktu tentu lah kondisinya memburuk. Dan sampai saat ini belum ada perbaikan lagi dari Pemkab,” kata Maskun yang juga bertindak sebagai pengawas proyek rehab jalan itu.

M Yani, Kepala Dusun Karang Jering yang juga ditugaskan sebagai pengawas proyek mengatakan progres pengerjaan jalan telah rampung hingga 60 persen. Menurutnya saat ini sudah ada sebagian masyarakat yang melewati jalan tersebut sehingga silaturahmi kekeluargaan antar dua dusun jadi lebih terjaga dengan baik.

‘’Padahal baru 60 persen telah banyak warga yang memanfaatkan jalan ini. Apalagi kelak proyek selesai 100 persen, pasti banyak manfaatnya untuk akses mobilitas transportasi masyarakat,” kata M Yani.

Ditempat yang sama, M Aidi selaku Kepala Dusun Pulau Teluk mengatakan sepanjang jalan yang diperbaiki terdapat sejumlah aliran anak sungai kecil. Maka dia ditugaskan untuk mengadakan gorong-gorong yang akan ditanam di jalan sehingga jalan tersebut bisa lebih bertahan lama, menghindari genangan air yang mengganggu.

‘’Kami hitung ada 9 titik anak sungai kecil yang membelah jalan. Satu titik kami sediakan 7 buah gorong-gorong. Saya membelinya dari Sarolangun. Kegunaan gorong-gorong itu agar air bisa mengalir apalagi saat hujan, sehingga jalan yang direhab ini bisa lebih tahan lama,” ujar M Aidi.

‘’Kalau tidak salah Pak Kades sedang mencari alat berat berupa bomak dan geleder untuk memperkuat jalan ini,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tambang Tinggi M Helmi dikonfirmasi mengatakan apa yang dilakukan olehnya dan Pemdes Tambang Tinggi semata-mata untuk kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat.

‘’Kami memprioritaskan kepentingan urgen masyarakat. Jalan ini sangat membantu pemangkasan jarak dan waktu masyarakat. Bayangkan, sebelumnya mereka harus memutar sejauh 27 km, sementara dengan adanya jalan ini jarak yang mereka tempuh hanya 3,7 km,” kata M Helmi.

M Helmi juga mengajak masyarakat agar sama-sama menjaga ketahanan jalan apabila proyek tersebut telah rampung dikerjakan.

‘’Ini kan jalan untuk kita bersama. Marilah sama-sama menjaganya agar jalan ini kelak bisa tahan lama,” harap Helmi. (*)

Reporter : IdhamKhalik

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com