SD Islam Alfatah Singkut Terapkan Pendidikan Karakter Siswa

Sarolangun | fokusinfo.com : Kepala SD Islam Alfatah , Muslam S.Pdi mengatakan kepala sekolah harus memiliki peran yang sangat strategis, karena kepala sekolah adalah seorang manajer dalam mengelola sekolahnya. Untuk itu seorang kepala sekolah harus memiliki kompetensi sosial yang tinggi. Beliau juga menjelaskan kepala sekolah juga harus memiliki kepedulian dengan lingkungan dan masyarakat di sekitar sekolahnya, artinya kepala sekolah harus dapat menjadi teladan, dan contoh dalam hal bertutur kata, berperilaku, baik bagi Guru  maupun bagi Siswanya.

Muslam  menyebutkan dengan adanya mengikuti pelatihan kompetensi guru tingkat Sekolah Dasar se-Indonesia, beberapa bulan lalu  berharap  dapat menjadi lebih tangguh, lebih unggul, dan lebih terampil dalam menjalankan tugasnya memimpin SD Islam Alfatah ini. Selain itu dengan pelatihan ini juga untuk memperkuat kompetensi Guru  pada bidang Manajemen Sekolah, SDM tenaga pendidik (guru) serta  penguatan pendidikan karakter Siswa.

Saat ini aktivitas yang dilakukan di SD Islam Alfatah yakni, sapa guru dan siswa di pagi hari. Dalam proses pembelajaran sekolah melakukan  apel pagi, menyanyikan lagu Indonesia Raya,  pembiasaan merapihkan baju sebelum masuk ke kelas dan  berdoa dikelas sebelum memulai pelajaran yang dipimpin guru kelas, izin ke guru saat meninggalkan kelas. Muslam juga menerapkan metode pendidikan yang berkerakter,  salah satunya tentang materi bagaimana mencintai diri sendiri dan orang lain. Sikap hormat dari orang yang lebih muda kepada yang lebih tua adalah hal yang selayaknya dilakukan, terlebih di sekolah.

“Bersalaman sesama  siswa dan cium tangan guru suatu adab yang amat sederhana namun begitu bermakna, sebagai salah satu upaya menumbuhkan karakter positif para pelajar di sekolah,” kata Kepala SD Islam Alfatah, Muslam, S.Pdi kepada wartawan fokusinfo.com

Reporter : DjarnawiKusuma
Redaktur : DedeRiskadinata

Share:

Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com