Soal Sengketa Lahan di PN Bangko, BPN Merangin Disebut Jarang Datang


Salah satu pemeriksaan perkara sengketa tanah di Merangin, beberapa waktu lalu
Merangin | Fokusinfo.com : Di Merangin tak jarang terjadi sengketa lahan yang memicu konflik. Antara dua pihak maupun lebih yang sampai kemeja persidangan di pengadilan negeri bangko. Namun sayangnya pihak BPN (Badan Pertanahan Nasional) disebut jarang hadir, untuk menjadi pihak yg bisa menjelaskan permasalahan  konflik tersebut padahal BPN sebagai pihak Tergugat/Turut Tergugat.

Seperti diungkapkan salah seorang warga yang berperkara sengketa lahan. Dirinya mengaku pihak BPN sebagai pihak Tergugat tidak pernah hadir dalam perkaranya yg sedang dalam  proses persidangan di PN (Pengadilan Negeri), padahal BPN lah pihak yang paling kompeten untuk menjelaskan duduk perkaranya.

‘’Saya pernah ada perkara sengketa tanah. Saat itu ada dua sertifikat yang gambarnya berbeda dengan kondisi lapangan. Saat dipengadilan tidak ada satu orang BPN yang datang,” kata warga yang enggan disebut namanya.

Sementara salah seorang pengacara di merangin, Toni,SH menyatakan ketidak hadiran pihak BPN dalam perkara sengketa lahan bisa merugikan pihak-pihak yang berperkara.

‘’Setahu saya di BPN itu ada bidang yang mengurusi sengketa baik perkara yg sampai kemeja hijau atau tidak. Tapi selama ini memang mereka jarang datang, padahal dalam persidangan sudah dipanggil sebagai pihak yg berperkara secara resmi,” kata Toni, SH
‘’Dengan ketidak hadiran pihak BPN maka kedepannya pasti ada pihak yang dirugikan,” tutup Toni (*)


Reporter : Topan Bohemian
Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com