Inovasi Lapas Kelas II B Bangko, Jadikan Merangin Expo Lebih Berwarna

Merangin | fokusinfo.com : Mengubah paradigma yang telah mengakar dalam pemikiran masyarakat tidaklah segampang membalikkan telapak tangan. Butuh perjuangan panjang dan kesungguhan, seperti apa yang telah di lakukan oleh sanggar Pengayoman Lapas Kelas II B Bangko ini.

Lapas yang dinahkodai oleh Suroto saat ini mencoba memberi pembaharuan dan penyegaran yaitu dengan turut sertanya dalam pesta tahunan masyarakat Merangin " Merangin Ekspo " dalam menyemarakkan HUT Merangin ke-70 di lapangan hijau KONI tahun ini.

" Memang ini bukan seperti membalikkan telapak tangan, butuh persiapan lama dan kesungguhan", ungkap Bayu Kumara, pembina Sanggar Pengayoman ini.

" Kami mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal tahun lalu, kami ingin bisa berpesta bersama masyarakat Merangin dalam HUT nya nanti, memang sebenarnya ini bukanlah tupoksi saya, namun ini di lakukan demi nama instansi kami, yang selama ini di nilai "gelap" oleh sebagian masyarakat Indonesia yang selalu menggambarkan penjara itu sebuah kengerian dan kekerasan", jelasnya lagi.

Bayu juga menjelaskan berdirinya sanggar Pengayoman tidak lepas dari proses bersinerginya pihak lapas dengan salah seorang warga binaan, saat ini sanggar seni yang mempunyai 30 anggota sanggar mulai dari usia dini hingga dewasa yang berdomisili di sekitaran Merangin, mulai dari anak warga tempatan hingga diluar kota Bangko, menyajikan pelatihan di bidang seni, yaitu seni rupa, puisi, kriya dan Panthomim.

‘’Instruktur Sanggar Pengayoman adalah salah seorang warga binaan bernama Al Hendra Daulay atau lebih akrab disapa Pak Ucok. Dari beliau jugalah cikal bakal berdirinya sanggar seni di LP yang membuat suasan LP lebih berwarna ditangan Pak Ucok yang bisa dibilang multi talenta,” Ungkap Bayu.

‘’Akhirnya anak didik sanggar Pengayoman mampu berbicara di ajang lomba tingkat kabupaten bahkan tingkat nasional, seperti yang berhasil di raih oleh SDLB (Sekolah Dasar Luar Biasa) Merangin dan SMA Negeri 1 Merangin, meraih kemenangan pada ajang lomba seni di Lampung tahun ini,” tambahnya

Pantauan media ini dilapangan, Dalam pembukaan Merangin ekspo kemarin sanggar Pengayoman memberikan lukisan Al Haris berjudul " Wo Haris " yang di lukis secara kolaborasi oleh Bayu Kumara dan Alhendra Dy.

" Stand kami akan melakukan demonstrasi melukis oleh beberapa seniman merangin dan anak-anak , mari kita saksikan", tutur Bayu Kumara penuh semangat.

Sementara itu, Pa’i Saman selaku KPLP Lapas Bangko mengatakan Semua ini tak lepas dari dukungan Kalapas Bangko beserta jajarannya yang begitu antusias dan bersemangat, perhatian pemerintah kabupaten Merangin dan isntansi yang terkait.

" Terimakasih kepada bapak bupati Merangin dan Bapak Wakil Bupati Merangin yang telah mengapresiasi baik kepada lapas kami", ungkap Pa'i.

Ditempat yang sama, salah seorang pengunjung pameran, Isnah mengaku cukup antusias dengan munculnya stand pameran dari LP. Menurut Isnah dengan adanya stan tersebut masyarakat dapat melihat dan mengapresiasi karya-karya seni yang ditampilkan.

‘’Ini inovasi baik dari pihak LP. Jadi ada keanekaragaman yang memanjakan mata. Salut lah buat pihak LP, semoga ditahun yang akan datang bisa ikut gabung kembali, bahkan pada event-event lainnya,” tutup Isnah. (Redaksi)

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com