Diduga Pembukaan JUT Sejumlah Desa Di Jangkat, DiPihak Ketigakan


Merangin | Fokusinfo.com : Dugaan pengerjaan proyek desa yang dilaksanakan dengan cara dipihak ketigakan terjadi di sejumlah desa di Jangkat. Proyek tersebut adalah pembukaan JUT (jalan usaha tani).

Ketua LSM Sapurata Indonesia, Mirza SH kepada media ini memaparkan hasil temuan investigasi yang mereka lakukan di lapangan.

Dikatakan Mirza, modus pelaksanaan tersebut adalah menggandeng pihak ketiga (kontraktor) untuk mengerjakan pembukaan JUT. Sementara semestinya setiap proyek desa dikerjakan secara swakelola.

‘’Kami melihat ada kejanggalan dalam pelaksanaan pembukaan JUT yang mana pihak desa tidak melaksanakan secara swadaya atau gotong royong bersama warga, namun memberikan pekerjaan itu kepada pihak warga luar (bukan warga desa), yang kami yakini warga luar itu adalah kontraktor,” kata Mirza.

Mirza juga mencium adanya dugaan suap dalam pelaksanaan itu dengan modus pihak ketiga memberikan sejumlah uang kepada oknum perangkat desa agar proyek pekerjaan diberikan kepada mereka.

‘’Informasi yang kami dapatkan mulanya pihak ketiga ini menyuap oknum perangkat desa agar proyek didapat oleh mereka. Bahasa sederhananya pihak ketiga ini mengikat perangkat desa dengan uang, agar mereka kembali mendapatkan uang,” tuturnya.

Tidak hanya itu, dugaan markup biaya juga tercium dalam kasus tersebut yang mana tiap satu kilo pembukaan JUT menghabiskan anggaran Rp.50juta.

‘’Itukan proyek pembukaan jalan. Tinggal letakkan alat berat doser terus dorong tanahnya. Satu hari bisa berapa kilo doser  itu membuka  jalan,” tutupnya.

Mirza juga mengatakan atas temuan tim mereka itu, pihaknya akan melaporkan ke penegak hukum karena diduga telah terjadi kerugian negara dan adanya tindakan memperkaya diri sendiri dan atau korporasi.

Sementara itu R, inisial pihak ketiga yang dimaksud tidak bisa dihubungi. Ditelpon ke nomornya bernada ‘Nomor tersebut telah memblokir seluruh panggilan masuk’. (Tim)
Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com