Serap Tenaga Kerja, Usaha Pertambangan Milik Kempleng Gurat Sumbangsih Ke Pemerintah ?


Merangin | fokusinfo.com :
Baru tiga bulan bekerja sebagai penambang emas di salah satu wilayah di Kabupaten Merangin, Mamat warga asal Pati Jawa Tengah, telah berhasil mengirimkan uang jutaan untuk keluarganya di Jawa.

Kepada media ini, Mamat mengaku dirinya beserta puluhan tenaga kerja lainnya sengaja didatangkan dari Jawa oleh seorang bernama Kempleng, untuk melakukan aktivitas pertambangan emas di Merangin.

‘’Tiga bulan yang lalu kami dibiayai hingga bisa tiba di Merangin, rombongan yang bersama saya ada 60 orang. Kami dibagi tugas mengoperasikan 10 unit mesin dompeng milik Pak Kempleng di dua lokasi,” kata Mamat.

Mamat menceritakan, sebelumnya dirinya hanya bekerja serabutan di daerah asalnya. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dirasa kesulitan. Namun setelah bergabung menjadi karyawan Kempleng, perlahan ekonomi keluarganya mulai stabil. Mamat mengenal Kempleng karena satu daerah. Kesaksian Mamat, Kempleng merupakan orang yang sukses di daerahnya itu sehingga tidak sedikit orang yang ingin mengikuti jejak Kempleng.

‘’Kami, khususnya saya sangat berterimakasih kepada Pak Kempleng telah memberikan pekerjaan ini. Alhamdulillah selama ini selesai timbang, saya sering mengirimkan uang kepada keluarga. Paling tinggi sebesar Rp.10 juta. Tapi pernah juga saya tidak kirim saat pertambangan tidak mendapatkan emas, namun Pak Kempleng mananggulanginya,” cerita Mamat bersyukur.

Baca Juga : 7 Set Mesin Dompeng Beroperasi di Tambang Baru. Nama ‘Kempleng’Disebut-sebut.

Meski demikian, Mamat juga menyadari aktivitas yang mereka lakukan itu tanpa mengantongi izin dari pihak terkait, sehingga kegiatan itu kerap menjadi buruan para penegak hukum. Dalam konteks itu Mamat mengatakan semua yang terjadi di lapangan tidak lah tanggung jawab Kempleng, tapi adalah tanggung jawab para pekerja itu sendiri.

‘’Tidak ada jaminan dari Pak Kempleng apabila kami tertangkap para penegak hukum. Kami menyadari itu. Ya anggaplah resiko pekerjaan. Yang jelas harus selalu waspada saat bekerja,” ungkapnya.

Menurut pengamatan Mamat selama melakukan aktivitas pertambangan, dari 1 set mesin dompeng milik Kempleng bisa memperoleh rata-rata 10 gram emas perhari. Berdasarkan itu, analisis media ini, bila 1 unit mendapat 10 gram emas dikalikan 10 unit mesin dompeng maka dalam satu hari usaha pertambangan milik kempleng bisa mendapatkan 100 gram atau 1 ons emas. Harga emas paling bawah saat ini Rp.800 ribu / gram. Jadi bila dikalikan dengan 1 ons emas maka dalam satu hari Kempleng mampu mencetak uang Rp.80 juta yang artinya dalam satu bulan Kempleng bisa menyedot 3 kg emas dan meraup uang dari perut bumi Merangin hingga Rp.2,4 milyar. (*)

Reporter : TimInvestigasi

Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com