Diserang Melalui Medsos, Kades Desa Talentam Klarifikasi


Tabir Barat | fokusinfo.com :
Pemerintah Desa (Pemdes) Talentam Kecamatan Tabir Barat baru-baru ini mendapat serangan melalui media sosial facebook. Satu akun bernama ‘Pemilik Alam Jambi’ menuding Pemdes Desa Talentam ‘menyelewengkan’ dana BLT yang ditukarkan dengan bibit kayu manis.

Rizal, Kades Talentam melalui media ini membenarkan bahwa Pemdes Talentam saat ini tengah memberdayakan penanaman kayu manis kepada masyarakat. Untuk mewujudkannya pihak desa mempersiapkan pembibitan kayu manis tersebut. Namun sumber dana pengadaan bibit bukanlah berasal dari BLT seperti yang dituduhkan.

‘’Ada kira-kira 23.300 bibit kulit manis yang dibagikan kepada 466 KK (Kepala Keluarga). Tiap KK dapat 50 batang bibit. Pengadaan pembibitan sumber dana ADD tahun 2020 dan sudah ada dalam APBDes dengan anggaran Rp.79 juta,” terang Kades.

‘’Anggaran itu sudah termasuk pajak dan honor juga pembelian plastik. Sementara bibit kami beli seharga Rp.3 ribu / batang,” tambahnya.

Sementara itu ketua LSM GNPK (Gerakan Nasional Pencegah Korupsi), Mandri responsif terkait isu miring tersebut. Pihaknya segera melakukan investigasi dan hasilnya LSM GNPK menganggap tudingan yang disampaikan oknum masyarakat melalui media sosial facebook tersebut merupakan berita hoax.

‘’Kami anggap tidak ada dasarnya mereka menuding pembibitan kulit manis di Desa Talentam menggunakan dana BLT. Itu hoax yang bila tidak diklarifikasi tentu akan menimbulkan gejolak di masyarakat,” kata Mandri

‘’Sumber dananya terpisah. Dan telah pula tertuang dalam APBDes diperkuat dengan berita acara saat melaksanakan musyawarah masyarakat secara berjenjang,” tambahnya.

Mandri juga menyayangkan spekulasi yang dilayangkan oleh oknum-oknum masyarakat terhadap kinerja Pemdes Talentam. Menurutnya adalah hak bagi masyarakat untuk mengkritik karena dilindungi oleh konstitusi namun dalam mengkritik haruslah dibarengi dengan dasar atau data yang akurat. Bila tidak demikian maka kritik sama saja dengan fitnah. (*)

Reporter : GondoIrawan

Redaktur : TopanBohemian

 

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com