Diduga Mantan Kades ‘Diam-diam’ Jual TKD. Kades Tambang Besi Definitif Mem‘Bela’.



Masumai | fokusinfo.com : Amin, mantan Kades Tambang Besi Batang Masumai disebut-sebut telah menjual sebidang TKD (Tanah kas Desa) Desa Tambang Besi yang terletak di Desa Pelangki Kecamatan Batang Masumai pada sekira tahun 2020. Kala itu Amin masih menjabat sebagai Kades definitif Desa Tambang Besi.

TKD itu dijual kepada seorang bernama panggilan Jul melalui seorang perantara. Ironisnya Amin nekat menempuh proses penjualan diduga tanpa pembentukan panitia dan tanpa musyawarah desa.

‘’Sepertinya diam-diam Pak Kades menjual TKD itu,” duga seorang warga sumber informasi kepada media ini beberapa waktu yang lalu.

Uniknya masyarakat Desa Tambang Besi mengetahui bahwa TKD telah dijual berkat Kades itu sendiri yang membukanya di ruang rapat pembahasan RAPBDes pada awal tahun 2022. Yang mana kala itu Pemdes mengundang sejumlah tokoh masyarakat untuk bersama-sama mengikuti dan membahas Rapat APBDes.

‘’Memang ada rapat di awal tahun 2022 tapi saya lupa rapat itu di bulan apa. Saya hadir karena mendapat undangan malam itu. Sesuai dengan judul di undangannya itu membahas tentang RAPBDes dan hal hal yang di anggap perlu itu ada tertulis di point bawah,” kata sumber informasi.

‘’Jadi setelah pembahasan RAPBDes selesai, terakhir saat hendak pulang barulah Pak Kades cerita soal TKD. Kala itu beliau memberikan masukan apakah tidak lebih baik TKD yang terletak di Desa Pelangki ditukar saja dengan lahan yang lebih dekat dengan desa Tambang Besi,” cerita Sumber informasi.

Sumber informasi menyatakatan diduga karena sudah larut malam para undangan kurang merespon. Sehingga tidak ada kesepakatan yang didapat kala itu.

‘’Sesuai dengan undangan yang kami terima, tidak ada jadwal pembicaraan soal TKD. Dan lagi hari sudah larut malam kondisi warga tentu butuh istirahat. Tapi sejak itu timbullah kecurigaan dan jadi perbincangan ditengah masyarakat. Jangan-jangan TKD sudah dijual Kades,” tutup sumber informasi.

Kades Definitif Tambang Besi saat ini, Tarmizi dijumpai di balai desa membantah TKD tersebut dijual, melainkan ditukar gulingkan kepada seorang bernama Jul yang kebetulan memiliki bidang lahan di dekat Desa Tambang Besi.

Menurut Tarmizi, selain letak TKD cukup jauh dari Desa juga karena TKD tersebut telah dimasuki pelaku Pertambangan Emas Tanpa Izin sehingga tanah menjadi rusak.

‘’Jadi sebenarnya TKD itu bukan dijual, tapi tukar guling sama Pak Jul. Kebetulan beliau mau. Dan lagi TKD kami itu sudah rusak karena aktivitas PETI,” kata Tarmizi yang menjabat sebagai Sekdes saat Kades dijabat Amin.

Tarmizi membantah bila dikatakan proses tukar guling tersebut tanpa sepengetahuan desa. ‘’Sekali lagi ini bukan dijual, tapi ditukar gulingkan. Jadi ini sudah kita bicarakan dengan para tokoh masyarakat Desa Tambang Besi, hadir juga dari unsur BPD, perangkat desa, dan tokoh tokoh lainya yang ada di Desa Tambang Besi,” Tutupnya. (*)

Reporter : GondoIrawan
Redaktur : TopanBohemian

Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com