Pamsimas Tak Berfungsi. Warga Desa Salam Buku Luar, Kesulitan Air Bersih.

Fokusinfo.com | Merangin : Tiap musim kemarau tiba, Warga Dusun IV Desa Salam Buku Luar mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.  Kemungkinan besar karena letak geografisnya yang tinggi membuat sumur-sumur warga banyak yang kering.

Darmawi Tuga, Tokoh masyarakat setempat menyatakan warga yang menetap di wilayahnya kerap memanfaatkan sungai Batang Masumai untuk keperluan mandi, mencuci. Hal itu dilakukan jika kemarau mulai melanda.

‘’Kalau cuaca jarang hujan seperti saat ini para warga mulai turun ke sungai untuk mandi, mencuci. Sementara buat masak mereka membeli air galonan,” ungkap Darmawi.

Menurut Darmawi, aktivitas tersebut telah lama mereka alami. Sehingga muncul gebrakan dari Pemdes (Pemerintah Desa) untuk mengusulkan ke pusat pembangunan sarana Pamsimas (Program Penyediaan Air Minum & Sanitasi Berbasis Masyarakat).

Tahun 2015 Pemdes Salam Buku mendapatkan bantuan dari pusat untuk membangun Pamsimas. Ironisnya sejak dibangun hingga saat ini Pamsimas di wilayah kami itu tidak dapat dimanfaatkan warga. Kami tetap ke sungai jika musim kemarau datang,” katanya.

Sebagai orang yang dituakan di dusun IV Darmawi berharap ada perhatian dari Pemdes untuk memperbaiki fasilitas tersebut sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak.

‘’Kami ingin agar Pamsimas itu  berfungsi,” tutup Darmawi. (*)

Reporter : TopanBohemian



Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com