Petinggi DPRD Merangin Menggoyang. Nasution Diujung Tanduk

Merangin | FIJ : Posisi Nasution sebagai Sekwan DPRD Merangin diperkirakan tengah diujung tanduk. Pasalnya petinggi DPRD Merangin mengeluh kinerja mantan Kadis Koperindag tersebut.
Seperti diungkapkan Wakil Ketua DPRD Merangin, Isnedi kepada media ini. Dirinya mengeluhkan kinerja Nasution selama menjabat sebagai sekwan di kantor perwakilan rakyat se-Merangin itu.
‘’Banyak catatan negatif tentang pak Nasution itu bahkan dari anggota pun tidak sedikit yang mengatakan beliau kinerjanya lemah,” kata Isnedi.
Dijelaskannya, keluhan yang mendasar adalah kurang pahamnya Nasution terhadap tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) jabatan sebagai sekwan. Menurut Isnedi selama ini yang banyak berperan adalah bawahan Nasution.
‘’Laporan kepada saya, Pak Nasution itu lebih banyak melimpahkan pekerjaan kepada bawahannya,” ungkap Isnedi.
Senada dengan Isnedi, Ketua DPRD Merangin Zaidan Ismail juga kerap mengeluhkan kinerja Nasution. Menurutnya seharusnya Nasution itu melayani dan memfasilitasi anggota DPRD khususnya saat akan menggelar rapat. Namun dikatakan Zaidan, Nasution sering tidak ada di tempat.
‘’Setahu saya pak Nasution itu sering dinas keluar daerah. Lebih banyak pula dia yang dinas keluar daerah daripada kami anggota DPRD Merangin ini,” Kata Zaidan.
Zaidan juga menyentil kebijakan yang dikeluarkan oleh sekda Merangin sebagai atasan Nasution. Pasalnya selama Nasution keluar daerah pasti ada laporan ke meja Sekda.
‘’Masak iya Sekda ok ok terus kalau pak Nasution itu keluar daerah. Bagaimana dengan kewajibannya di DPRD?,” tanya Zaidan.
Zaidan juga sempat menjelaskan sejarah didudukkannya Nasution sebagai Sekwan. Diceritakannya saat itu ada tiga pilihan calon Sekwan yang diajukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin yaitu Makmur, Hendri Maidalef dan Nasution.
‘’Pak Makmur istri dan keluarganya berdiam di Jambi, Pak Hendri Maidalef ngakunya sering sakit-sakitan. Dan akhirnya diputuskanlah pak Nasution yang menjadi Sekwan,” tuturnya.
Sementara itu Sekwan DPRD Merangin, Nasution ketika dikonfirmasi mengaku telah melaksanakan tugas sebagaimana yang seharusnya. ‘’Saya sudah melaksanakan tugas saya selaku Sekwan,” kata Nasution.
Soal melimpahkan pekerjaan kepada Staf, menurut Nasution itu adalah hal yang wajar mengingat staf juga memiliki tugas di tiap bidangnya.
‘’Masak segala urusan saya juga yang turun tangan. Apa gunanya para staf pegawai lainnya itu. Tentu saja ada tugas yang bisa di hendel para bawahan saya,” terangnya.
Nasution juga menjelaskan selama ini dirinya tidak terlalu sering dinas keluar kota. Namun jika memang ada jadwal dinas keluar kota sudah ada izin dari Sekda.
‘’Saya dinas keluar kota juga untuk DPRD ini, bukan perjalanan pribadi,” ungkapnya.
Dijelaskan Nasution, atasan yang dia patuhi hanya ada tiga yaitu Sekda, Wakil Bupati dan Bupati Merangin. Soal anggota DPRD maupun ketua dan wakil ketua DPRD sifatnya hanya sebatas melayani fasilitas. ‘’Dan itu sudah saya penuhi,” tambahnya.
Meski demikian, Nasution pasrah jika jabatan yang diduduki nya sekarang harus dilepas Bupati berdasarkan ketidak puasan anggota maupun petinggi DPRD Merangin.
‘’Saya ini abdi negara, harus patuh terhadap atasan. Jika memang Bapak Bupati mau mengganti saya, saya harus siap. Tugas itu amanah yang harus dijalankan dengan maksimal,” ujar Nasution.
Sementara itu Bupati Merangin, Al Haris mengaku telah menerima informasi itu secara lisan dari para petinggi DPRD. Bahkan dirinya telah menyampaikan keinginan petinggi DPRD itu agar pengganti Nasution diberikan kepada salah seorang bawahannya.
‘’Saya sudah menanyakan kepada salah seorang pegawai saya yang ditunjuk oleh para petinggi DPRD. Persoalannya sekarang orang yang ditunjuk itu mengaku belum siap mengurusi dan melayani anggota DPRD kita ini. Siapa orangnya dan apa alasannya tidak etis saya sebutkan,” Kata Al Haris.
Masih dikatakan Al Haris, untuk menyelesaikan persoalan ini dirinya telah berkoordinasi dengan Baperjakat agar jabatan Sekwan akan dilelang terbuka.
‘’Mungkin nanti jabatan Sekwan itu akan kita lelang terbuka,” tutupnya (Dede Riskadinata)
Share:















Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumlah Pembaca

Advertisement

YouTube Fokus Info VisuaL

Popular Posts

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

BTemplates.com